Pengaruh Teknik Menganalisis Gambar Berbantuan Aplikasi PlantNet dan TGT Terhadap Motivasi, Kemampuan Mengklasifikasi dan Menyajikan Data Pada Materi Plantae


Syifa Zukhruf Asshoumy, 4401419037 (2023) Pengaruh Teknik Menganalisis Gambar Berbantuan Aplikasi PlantNet dan TGT Terhadap Motivasi, Kemampuan Mengklasifikasi dan Menyajikan Data Pada Materi Plantae. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 4401419037_SYIFA ZUKHRUF A.pdf] PDF
Download (925kB)
[thumbnail of SK Pembimbing_Syifa zukhruf.pdf] PDF
Download (237kB)
[thumbnail of SK Penguji.pdf] PDF
Download (200kB)
[thumbnail of Artikel_Syifa zukhruf asshoumy_4401419037.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of nota pembayaran_syifa zukhruf asshoumy.pdf] PDF
Download (95kB)
[thumbnail of 4401419037_Syifa zukhruf asshoumy (full).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Asshoumy, S. 2023. Pengaruh Teknik Menganalisis Gambar Berbantuan Aplikasi PlantNet dan TGT Terhadap Motivasi, Kemampuan Mengklasifikasi dan Menyajikan Data Pada Materi Plantae. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Enni Suwarsi Rahayu, M,Si Kata Kunci: TGT, Aplikasi PlantNet, Motivasi, Kemampuan mengklasifikasi, Kemampuan Menyajikan Data. Peserta didik membutukan pengamatan berbagai jenis tumbuhan untuk mencapai kompetensi dasar pada materi plantae tetapi, guru sulit mengelola pembelajaran jika dilakukan di luar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh tiga pembelajaran yang berbeda terhadap motivasi, kemampuan mengklasifikasi dan menyajikan data, 2) menentukan pembelajaran yang terbaik diantara tiga pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi experiment dan dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Banyumas sebanyak enam kelas, sampel terdiri dari tiga kelas yaitu X MIPA 2 sebagai kelas PlantNet + TGT, X MIPA 3 sebagai kelas TGT dan X MIPA 4 sebagai kelas diskusi. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji normalitas, homogenitas, anava, dan uji beda nyata terkecil. Berdasarkan analisis pengaruh menggunakan uji anava pada ketiga kelas diperoleh nilai signifikasi 0,00<0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh teknik menganalisis gambar berbantuan aplikasi PlantNet dan TGT, pembelajaran menggunakan TGT dan yang menerapkan metode diskusi terhadap motivasi, kemampuan mengklasifikasi dan menyajikan data. Hasil analisis beda nyata terkecil pada motivasi kelas PlantNet + TGT mempunyai nilai rata-rata sebesar 48,20, kelas TGT 36,69, dan kelas diskusi 28,64. Nilai rata-rata peningkatan pada kemampuan mengklasifikasi kelas PlantNet + TGT sebesar 35,25, kelas TGT 21,18, dan kelas diskusi 15,58. Pada kemampuan menyajikan data kelas PlantNet + TGT mempunyai nilai rata-rata peningkatan sebesar 25,02, Kelas TGT 17,15 dan diskusi sebesar 11,00. Hal ini menunjukan kelas PlantNet + TGT lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelas TGT dan kelas diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada tiga strategi pembelajaran antara lain teknik menganalisis gambar berbantuan aplikasi PlantNet dan TGT, TGT dan diksusi memberikan pengaruh terhadap motivasi, kemapuan mengklasifikasi dan kemampuan menyajikan data. Pada pembelajaran dengan teknik menganalisis gambar berbantuan aplikasi PlantNet dan TGT mengakibatkan peningkatan motivasi, kemampuan mengklasifikasi dan menyajikan data paling tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TGT, Aplikasi PlantNet, Motivasi, Kemampuan mengklasifikasi, Kemampuan Menyajikan Data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:40
Last Modified: 24 Oct 2023 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60473

Actions (login required)

View Item View Item