Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Etno-RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam


Yaneke Yondya Muriazhendy, 4301419069 (2023) Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Etno-RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SK PEMBIMBING_YANEKE YONDYA MURIAZHENDY_4301419069.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SURAT UNDANGAN_YANEKE YONDYA MURIAZHENDY_4301419069.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of BUKTI PEMBELIAN BUKU_YANEKE YONDYA MURIAZHENDY_4301419069.pdf] PDF - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_YANEKE YONDYA MURIAZHENDY_4301419069.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_YANEKE YONDYA MURIAZHENDY_4301419069.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL SKRIPSI_YANEKE YONDYA MURIAZHENDY_4301419069.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berpendekatan Etno-RADEC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hidrolisis garam. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D dari Thiagarajan. Penelitian ini akan mengembangkan dan mengujicobakan produk berupa E-LKPD yang terintegrasi Etnosains dengan model pembelajaran RADEC dan sintaks SUDARMIN. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Salatiga sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis angket validasi, analisis angket dan analisis tes. Sumber data pertama adalah hasil validasi oleh pakar. Hasil yang diperoleh, validasi E-LKPD (Ahli Media) dengan rerata 88.9% dan validasi E-LKPD (Ahli Materi) dengan rerata 93.07%. Dilanjutkan dengan validasi media pembelajaran Etno-vlog dengan presentase 90% dan validasi instrumen soal dengan hasil 95%. Soal berpikir kreatif selanjutnya diujicobakan pada skala kecil untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas. Hasil yang didapatkan dari 15 butir soal terdapat 13 soal yang valid untuk digunakan pada uji coba skala besar dan uji reliabilitas diperoleh nilai 0.9. Presentase hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berpendekatan Etno-RADEC beserta instrumen pendukungnya layak untuk digunakan pada tahap penelitian. Sumber data yang kedua adalah untuk mengetahui keunggulan dan keterbatasan dari E-LKPD berdasarkan respon peserta didik. Hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen skala kecil dan skala besar didapatkan hasil yang maksimal. Menunjukkan bahwa E-LKPD berpendekatan Etno-RADEC memiliki keunggulan dalam aspek pembelajaran, isi, tampilan dan keterbacaan. Hal ini ditunjukkan dengan rerata penilaian peserta didik sebasar 93.6% pada uji coba skala kecil dan 91.4% pada uji coba skala besar. Sumber data yang ketiga adalah untuk mengukur bagaimana keefektifan pembelajaran dengan E-LKPD tersebut untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Dilakukan menggunakan instrumen tes berpikir kreatif kepada peserta didik yaitu dengan 2 kali tes (Pretest dan Postest). Hasil yang diperoleh tersebut akan dianalisis nilai N-Gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari sebelum pembelajaran dengan E-LKPD dan setelah menggunakan E-LKPD. Data yang diperoleh menunjukkan hasil pada kategori N-Gain tinggi sebanyak 75% dengan rerata 0.78 dan N-Gain sedang sebanyak 25% dengan rerata 0.63. Analisis selanjutnya dilakukan uji Paired Sampel T Test untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel awal dan variabel akhir. Diperoleh hasil sebesar 0.001 < 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik sebelum menggunakan E-LKPD dan setelahnya. Oleh karena itu, E-LKPD berpendekatan Etno-RADEC efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hidrolisis garam. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik didukung dengan pengetahuan yang meningkat dan sikap peserta didik yang baik dengan rerata penilaian 25.6, serta penilaian produk yang mereka hasilkan dengan rerata penilaian 37.2 dari skor maksimal 40. Sehingga peserta didik memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang baik. Kata Kunci : E-LKPD, etnosains, kreatif, RADEC

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Etnosains, Kreatif, RADEC
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:32
Last Modified: 24 Oct 2023 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60469

Actions (login required)

View Item View Item