Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar PPKn Siswa SDN Dolopo 01 Kabupaten Madiun.


Yerina Andrianti, 0103518084 (2023) Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar PPKn Siswa SDN Dolopo 01 Kabupaten Madiun. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER - DAFTAR ISI TESIS YERINA ANDRIANTI_NIM.0103518084.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS YERINA ANDRIANTI_NIM.0103518084 -FIX.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL_0103508084_YerinaAndrianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of LoA_0103518084_Yerina Andrianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang berusaha untuk membina perkembangan siswa secara optimal agar memiliki budi pekerti sesuai dengan nilai luhur Pancasila yang terwujud dalam kehidupan sehari-hari. PPKn mempunyai kedudukan yang penting dalam pembentukan kepribadian bangsa Indonesia dan mencapai tujuan pendidikan nasional. Pola asuh orang tua merupakan gambaran tentang sikap dan perilaku orang tua dan anak dalam berinteraksi, berkomunikasi selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Prestasi hasil belajar yang baik dapat digapai dengan disiplin. Dengan kedisiplinan belajar, siswa bisa menggapai prestasi yang diimpikan karena siswa akan memiliki suatu rasa patuh serta menaati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai pengaruh pola asuh demokratis dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi hasil belajar PPKn pada siswa SDN Dolopo 01, Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi yang digunakan untuk meneliti populasi sebanyak 172 dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan, data diolah menggunakan program bantu SPSS. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh pola asuh demokratis dan disiplin belajar terhadap prestasi hasil belajar PPKn siswa SDN Dolopo 01 Kabupaten Madiun, peneliti dapat mengambil kesimpulan mengenai tiga hal yang berkaitan dengan rumusan masalah, yaitu: terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap prestasi hasil belajar PPKn siswa SDN Dolopo 01 Kabupaten Madiun, signifikansi sebesar 0,146 taraf signifikansi (α) sebesar 0,000< 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi hasil belajar PPKn siswa SDN Dolopo 01 Kabupaten Madiun, signifikansi sebesar 0,000 yang berarti dapat diketahui bahwa thitung (6,626) > ttabel (1,668) dan taraf signifikansi (α) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis dan disiplin belajar dengan prestasi hasil belajar siswa PPkn SDN Dolopo 01 Kabupaten Madiun. Orangtua diharapkan memiliki penerapan pola asuh yang demokratis dalam mendampingi anak agar anak sebagai siswa bisa terarah dalam beraktivitas maupun mengambil keputusan dan mampu memperoleh prestasi hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Demokratis, Kedisiplinan, dan Prestasi Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:34
Last Modified: 27 Oct 2023 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60463

Actions (login required)

View Item View Item