Pengembangan QCSW (QR Code Students Worksheet) sebagai Implementasi TPACK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Digital Peserta Didik
Nur Lailita Ruby Fahini, 4001419003 (2023) Pengembangan QCSW (QR Code Students Worksheet) sebagai Implementasi TPACK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Digital Peserta Didik. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (419kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Download (237kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (200kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (116kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut pendidik dan peserta didik untuk beradaptasi dengan teknologi. Penggunaan teknologi tersebut dinilai dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi, masih banyak peserta didik yang memiliki nilai hasil belajar IPA di bawah KKTP (80) dan kemampuan literasi digital peserta didik yang masih perlu ditingkatkan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan kelayakan QCSW (QR Code Students Worksheet) sebagai implementasi TPACK serta menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif dan literasi digital peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research & Development dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan perangkat valid dan layak untuk digunakan. Adapun rerata hasil penilaian dari validator ahli materi ialah sebesar 94,23% dan rerata hasil penilaian validator ahli media sebesar 92,87%. Selain itu, hasil uji keterbacaan yang diisi oleh peserta didik menunjukkan rerata penilaian sebesar 81,30%. Kedua penilaian tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Adapun hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan hasil Uji N-Gain dengan rata-rata sebesar 0.58% yang termasuk ke dalam kriteria sedang. Selain hasil belajar kognitif, literasi digital peserta didik juga meningkat. Hal ini dapat diamati semakin banyak peserta didik yang memiliki tingkat literasi digital dengan kriteria tinggi. Sebaliknya, semakin sedikit peserta didik yang memiliki tingkat literasi digital dengan kriteria rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QCSW (QR Code Students Worksheet), TPACK, Hasil Belajar Kognitif, Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 04:25 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60459 |
Actions (login required)
View Item |