Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Terintegrasi Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Membekali Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa


Atha Kurnia Wardani, 4301419025 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Terintegrasi Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Membekali Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Atha Kurnia Wardani_4301419025_Cover Skripsi sampai daftar isi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of Atha Kurnia Wardani_4301419025_Skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Atha Kurnia Wardani_4301419025_SK Pembimbing.pdf] PDF
Download (237kB)
[thumbnail of Atha Kurnia Wardani_4301419025_Surat undangan ujian.pdf] PDF
Download (178kB)
[thumbnail of Atha Kurnia Wardani_4301419025_Bukti pembelian sumbangan buku.pdf] PDF
Download (120kB)
[thumbnail of Atha Kurnia Wardani_4301419025_Artikel skripsi & bukti publikasi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy

Abstract

Wardani, Atha Kurnia.2023. Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Terintegrasi Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Membekali Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Sudarmin, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Etnosains, Bahan Ajar, Mind Mapping Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang ada didunia nyata. Pembelajaran yang dilakukan guru harus objektif dan bervariasi agar siswa tidak cenderung bosan saat pembelajaran, serta harus dapat menunjukkan keadaan siswa yang sebenarnya dalam memahami suatu pembelajaran. Diperlukan proses pembelajaran kimia yang menarik salah satunya dengan menggunakan mind mapping terintegrasi etnosains sebagai alternative yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan, menganalisis, dan mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 sebagai uji skala kecil dan XI MIPA 2 sebagai uji skala besar di SMA Negeri 1 Tuntang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar mind mapping terintegrasi etnosains layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan skor rata-rata 65,5 dari aspek materi dan skor rata-rata 60,5 dari aspek media yang menunjukkan bahwa dari segi materi dan media bahan ajar yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat baik untuk digunakan. Bahan ajar mind mapping terintegrasi etnosains efektif digunakan berdasarkan hasil uji N-gain yang menunjukkan hasil skor N-gain adalah 0,51 yang masuk kedalam kategori sedang. Hasil proyek mind mapping yang dibuat oleh siswa mendapat hasil yang cukup baik dan baik dalam membekali keterampilan berpikir kreatif siswa dan tanggapan yang diberikan siswa mengenai bahan ajar mind mapping ini mendapatkan skor 39,99 yang masuk dalam kategori sangat baik. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Etnosains, Bahan Ajar, Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:20
Last Modified: 31 Oct 2023 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60450

Actions (login required)

View Item View Item