PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH


Heru Setiawan, 4401419005 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1. Skripsi Cover Sampai Daftar Isi.pdf] PDF - Published Version
Download (917kB)
[thumbnail of 2. Skripsi Lengkap.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of 3. SK PEMBIMBING.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of 4. SK Penguji.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of 5. BUKTI PEMBELIAN SUMBANGAN BUKU.pdf] PDF - Published Version
Download (247kB)
[thumbnail of 6. SUBMIT ARTIKEL.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Setiawan, H. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Flipbook Materi Perubahan Lingkungan di SMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Skripsi. Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Enni Suwarsi Rahayu, M.Si. Kata Kunci: E-modul, Perubahan Lingkungan, Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah. Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, kemampuan memecahkan masalah belum berkembang secara maksimal, antara lain karena sumber belajar yang digunakan kurang mendukung. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sumber belajar alternatif berupa e-modul yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis problem based learning (PBL) yang memiliki tampilan menarik berbantuan flipbook pada materi Perubahan Lingkungan dengan menyajikan kasus-kasus permasalahan lingkungan yang nyata, serta menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Pekalongan pada semester genap 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. E-modul yang dikembangkan mempunyai karakteristik penyajiannya secara PBL dan faktual. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa di kelas X-5. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan lembar validasi media untuk mengukur kevalidan e-modul, angket respon guru dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan e-modul, dan tes hasil belajar berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan e-modul. E-modul dikatakan valid serta praktis dengan kriteria persentase yang didapatkan > 60%. E-modul dikatakan efektif dilihat dari ketuntasan klasikal dan uji N-Gain yang mencapai kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kevalidan e-modul dari ahli materi sebesar 90,27% (sangat valid) dan dari ahli media sebesar 92,85% (sangat valid). Hasil kepraktisan yang diperoleh dari respon tanggapan siswa mencapai 90,32% (sangat praktis) dan respon guru mencapai 91,6% (sangat praktis). Hasil keefektifan dilihat dari persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,3% (tinggi), nilai N-Gain sebesar 0,61 yang termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning berbantuan flipbook yang dikembangkan pada materi Perubahan Lingkungan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Dengan demikian, e-modul hasil pengembangan dapat direkomendasikan untuk digunakan sebagai sumber belajar materi Perubahan Lingkungan di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Perubahan Lingkungan, Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:05
Last Modified: 20 Oct 2023 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60441

Actions (login required)

View Item View Item