IMPLEMENTASI ENTERPRISE BUSINESS ARCHITECTURE DALAM MENDUKUNG FUNGSI PENGELOLAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG MENGGUNAKAN TOGAF-IDEA


Samuel Suliadi, 4612419012 (2023) IMPLEMENTASI ENTERPRISE BUSINESS ARCHITECTURE DALAM MENDUKUNG FUNGSI PENGELOLAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG MENGGUNAKAN TOGAF-IDEA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SK Penguji] PDF (SK Penguji) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Final Skripsi, Cover - Daftar Isi] PDF (Final Skripsi, Cover - Daftar Isi) - Published Version
Download (974kB)
[thumbnail of SK Pembimbing] PDF (SK Pembimbing) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Final Skripsi, Full Version] PDF (Final Skripsi, Full Version) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bukti Pembelian Buku] PDF (Bukti Pembelian Buku) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang Enterprise Architecture (EA) yang mendukung fungsi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Penelitian ini melibatkan analisis mendalam terhadap berbagai aspek EA, termasuk arsitektur visi, prinsip dan tujuan, diagram dan model, analisis risiko, serta proses governance dalam implementasi EA. Metode penelitian yang digunakan mencakup penggunaan framework perancangan EA TOGAF-IdEA dengan wawancara kualitatif terhadap pemangku kepentingan dan pakar EA untuk penilaian kualitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan EA dalam organisasi memberikan manfaat signifikan seperti meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, mengurangi redundansi data, dan memungkinkan adaptasi dengan perkembangan teknologi. Validasi data melalui wawancara kualitatif memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan persyaratan dalam perancangan EA, melalui 4 kategori yaitu: validity, relevance, clarity, dan systematic model structure. Komunikasi dan edukasi kepada pemangku kepentingan menjadi kunci dalam memastikan pemahaman menyeluruh tentang EA dan manfaatnya. Kesimpulannya, framework TOGAF-IdEA berhasil menyelaraskan arsitektur bisnis di LPPM UNNES dengan fungsi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perancangan EA yang terstruktur mendukung tujuan strategis dan operasional lembaga, serta komitmen LPPM UNNES dalam penelitian dan pengabdian berkualitas. Saran untuk penelitian berikutnya adalah melanjutkan studi simulasi proses bisnis untuk hasil yang valid dan detail dalam menghadapi perubahan nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Enterprise Architecture, TOGAF, IdEA, Quality Atribut EA Model
Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:52
Last Modified: 11 Oct 2023 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60339

Actions (login required)

View Item View Item