(ABSTRAK) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM SARAF DAN HORMON PADA MANUSIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMA


Malihah Sri Sudewi , 4401405019 (2009) (ABSTRAK) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM SARAF DAN HORMON PADA MANUSIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM SARAF DAN HORMON PADA MANUSIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMA ]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM SARAF DAN HORMON PADA MANUSIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMA ) - Published Version
Download (45kB) | Preview

Abstract

Materi sistem koordinasi yang terdiri atas konsep sistem saraf dan hormon pada manusia menunjukkan ketuntasan belajar yang rendah, yaitu hanya mencapai 56 %. Hasil penelusuran mendapatkan keterangan bahwa kesulitan yang ditemui adalah keabstrakan dan ketidaktertarikan dengan materi. Pada hakikatnya pengalaman langsung dalam pembelajaran merupakan proses belajar yang sangat bermanfaat, namun demikian tidak semua bahan pelajaran dapat disajikan secara langsung sehingga memerlukan media pembelajaran. Didasari oleh hal di atas penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif sistem saraf dan hormon pada manusia berbasis CTL, yaitu multimedia interaktif yang menekankan kepada keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata. Serta mengukur efektivitasnya untuk diterapkan dalam pembelajaran sistem saraf dan hormon pada manusia. Penelitian dilakukan pada kelas XI semester genap di SMAN 2 Magelang. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian pengembangan (Research and Development / R&D), yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah sesuai dengan standar kompetensi pembelajaran. Untuk tahapan pemakaian produk menunjukkan hasil belajar yang sangat baik yaitu mencapai ketuntasan 96.15% pada kelas XI IPA 1 dan 100% pada kelas XI IPA 2, serta semua siswa terlibat aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif sistem saraf dan hormon pada manusia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan telah sesuai dengan standar kompetensi pembelajaran dan efektif diterapkan sebagai media pembelajaran sistem saraf dan hormon pada manusia di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), multimedia interaktif, sistem saraf, hormon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 03:36
Last Modified: 21 Oct 2011 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item