Identifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI Menggunakan Soal Diagnostik Four-Tier Multiple Choice Test Pada Materi Sistem Imun


Sakia Maharani Dewi, 4401419074 (2023) Identifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI Menggunakan Soal Diagnostik Four-Tier Multiple Choice Test Pada Materi Sistem Imun. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1. Skripsi cover sampai daftar isi.pdf] PDF - Published Version
Download (479kB)
[thumbnail of 2. Skripsi final lengkap.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 3. SK Pembimbing.pdf] PDF - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of 4. SK Penguji.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of 5. Bukti nota buku.pdf] PDF - Published Version
Download (296kB)
[thumbnail of 6. Letter of Acceptance (Primary LoA) Artikel.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan menjadi dasar atas ketercapaian hasil belajar yang optimal. Siswa dapat menggunakan dasar pemahaman konsep dalam penyelesaian masalah. Kemampuan siswa dalam menjelaskan konsep yang telah dipelajari dapat menentukan seberapa banyak konsep yang dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa pada materi sistem imun menggunakan soal diagnostik four-tier multiple choice test berbantuan metode certainty of response index (CRI). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen dengan metode survey. Sampel penelitian terdiri dari 105 orang siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi sistem imun pada sampel kelas XI di SMA Negeri 12 Semarang didapatkan rata-rata tingkat pemahaman siswa yaitu 42,90% siswa memahami konsep, 18,19% siswa tidak memahami konsep, dan 38,91% siswa terindikasi mengalami miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, four-tier multiple choice test, CRI, sistem imun
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:50
Last Modified: 10 Oct 2023 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60299

Actions (login required)

View Item View Item