Keefektifan Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Model SQ3R dan Model Multiliterasi Berdasarkan Minat Baca Peserta Didik pada Era Society 5.0


Ayu Nur Azizah, 0103521039 (2023) Keefektifan Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Model SQ3R dan Model Multiliterasi Berdasarkan Minat Baca Peserta Didik pada Era Society 5.0. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS_AYU NUR AZIZAH_0103521039.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS_COVER_DAFTAR ISI_AYU NUR AZIZAH_0103521039.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2215-15285-1-PB (3).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kemampuan membaca pemahaman yang masih rendah, peserta didik belum mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan baik, dilihat dari rendahnya hasil tes kemampuan membaca peserta didik. Tujuan penelitian untuk menganalisis (1) keefektifan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model SQ3R berdasarkan minat baca peserta didik kelas V, (2) keefektifan pembelajaran membaca pemahaman dengan model multiliterasi berdasarkan minat baca peserta didik kelas V, dan (3) perbedaan keefektifan pembelajaran membaca pemahaman dengan model SQ3R dibandingkan model multiliterasi berdasarkan minat baca peserta didik kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah dasar yang tergabung dalam satu gugus di Kecamatan Magelang Tengah. Pengumpulan data pada teknik kuantitatif menggunakan pretest, posttest, dan angket, sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji prasyarat, uji t, uji gain, uji banding, one way anova, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ditemukan adanya (1) keefektifan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model SQ3R berdasarkan minat baca peserta didik kelas V ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,58 dengan kriteria sedang dan hasil uji banding one way anova sebesar 0,000 (2) keefektifan pembelajaran memaca pemahaman menggunakan model multiliterasi pada peserta didik kelas V dengan adanya peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi dan hasil uji banding one way anova sebesar 0,000, (3) perbedaan keefektifan yang signifikan dalam pembelajaran membaca pemahaman berdasarkan minat baca peserta didik kelas V ditunjukkan dengan hasil uji banding one way anova sebesar 0,000. Simpulan penelitian ini adalah (1) pembelajaran pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model SQ3R efektif terutama pada peserta didik dengan minat baca tinggi, (2) pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model multiliterasi efektif terutama bagi peserta didik dengan minat baca tinggi, dan (3) pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model multiliterasi dengan minat baca tinggi adalah pembelajaran yang paling efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman; SQ3R; Multiliterasi; Minat Baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:59
Last Modified: 13 Oct 2023 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60257

Actions (login required)

View Item View Item