Pengembangan E-modul Berbasis STEAM pada Topik Peredaran Darah Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Karakter Pelajar Pancasila


Esty Setyo Utaminingsih, 0103521072 (2023) Pengembangan E-modul Berbasis STEAM pada Topik Peredaran Darah Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Karakter Pelajar Pancasila. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Full Tesis Esty - Esty Setyo Utaminingsih.pdf] PDF
Download (25MB)

Abstract

Menghadapi percepatan teknologi di abad ke-21 institusi pendidikan harus mendukung penggunaan perangkat digital dalam proses pembelajaran melalui penggunaan e-modul. Pengembangan e-modul belum banyak yang mengungkap untuk meningkatkan kompetensi literasi sains dan karakter pelajar Pancasila. Hasil studi PISA 2018 menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains peserta didik di Indonesia masih rendah. Pemerintah berupaya untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul melalui karakter pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik e-modul; (2) menganalisis kelayakan dari validasi e-modul; (3) menganalisis tingkat keefektifan dari e-modul; (4) menganalisis respon peserta didik terhadap e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu 102 peserta didik kelas V SD Supriyadi 01 Semarang (rumus Slovin) yang dipilih dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25 untuk melakukan uji normalitas dan uji Independent t-test. Peningkatan variable diukur dengan produk moment N-Gain. E-modul yang dikembangkan diberi nama “Prisma.” Hasil uji kelayakan e- modul Prisma dari aspek konten dinyatakan “valid” dengan nilai V Aiken 0,9583, aspek konstruk “valid” dengan nilai V Aiken 0,9406 dan aspek bahasa “valid” dengan nilai V Aiken 0,9271. Secara keseluruhan aspek dinyatakan “valid” dengan nilai V Aiken 0,942. E-modul Prisma efektif untuk meningkatkan kompetensi literasi sains dengan Nilai N-Gain total 0,71 kriteria “tinggi”; karakter bernalar kritis nilai total N-Gain 0,80 kriteria “tinggi” dan karakter mandiri dengan nilai N- Gain 0,72 kriteria “tinggi”. E-modul Prisma mendapat respon positif dari peserta didik dengan persentase 88,7%. Aspek yang mendapatkan respon positif tertinggi yaitu aspek keterbacaan dengan dengan persentase 90,6%. Dapat disimpulkan bahwa e-modul Prisma dinyatakan praktis, layak, efektif, dan memiliki respon positif dalam meningkatkan kompetensi literasi sains dan karakter pelajar Pancasila peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan e-modul yang dapat dijalankan digawai dengan system Android maupun iOS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:24
Last Modified: 04 Oct 2023 10:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60235

Actions (login required)

View Item View Item