Hubungan Literasi Digital, Self-Efficacy Dengan Kemampuan Interpersonal Mahasiswa Melalui Self-Regulation (Implikasi Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi)


Randi Saban Dawir, 0106520022 (2023) Hubungan Literasi Digital, Self-Efficacy Dengan Kemampuan Interpersonal Mahasiswa Melalui Self-Regulation (Implikasi Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi). Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER -DAFTAR ISI TESIS RANDI SABAN DAWIR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS RANDI SABAN DAWIR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL RANDI SABAN DAWIR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy

Abstract

Interpersonal skills sangat diperlukan individu untuk melakukan penyesuaian sosial dan menyelesaikan konflik interpersonal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara literasi digital self-efficacy, dengan kemampuan interpersonal mahasiswa melalui self-regulation. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian korelasional desain expo facto dengan jumlah sampel sebanyak 300 mahasiswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan propability random sampling dengan teknik simpel samplimg menggunakan angka acak. Instrumen yang digunakan adalah skala literasi digital, self-efficacy, self-regulation dan skala kemampuan interpersonal yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan dua model analisis regresi untuk mengetahui hubungan langsung dan hubungan tidak langsung antar variabel dependen, variabel inpenden dan variabel mediator. Hasil penelitian menunjukkan hubungan langsung antara literasi digital dengan kemampuan interpersonal memiliki hubungan yang signifikan (p= 0.019 ˂ 0.05). Hubungan literasi digital dengan self-regulation tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan nilai (p= 0.334 ˃0.05). Hubungan self-efficacy dengan kemampuan interpersonal memiliki hubungan yang siknifikan (p= 0.001 ˂0.05). Hubungan self-efficacy dengan self-regulation memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai (0.000˂0.05). Hubungan self-regulation dengan kemampuan interpersonal memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai (p= 0.00˂0.05. Hubungan literasi digital dengan kemampuan interpersonal melalui self-regultion tidak memiliki efek mediator (p= 0.336˃0.05). Hubungan self-efficaci dengan kemampuan interpersonal melalui self-regulation memiliki efek mediator (p= 0.001˂0.05). Simpulan dari penelitian ini bahwa hubungan antara literasi digital, self-efficacy dan self-regulation dengan kemampuan interpersonal mahasiswa terdapat hubungan yang signifikan. Hubungan literasi digital dengan self-regulation tidak terdapat hubungan yang signifikan sedangkan hubungan self-efficacy dengan self-regulation memiliki hubungan yang signifikan. Selain itu self-rgulation memediasi hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan interpersonal mahasiswa. Sedangkan self-regulation tidak memiliki efek mediasi antara hubungan literasi digital dengan kemampuan interpersonal mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Self-efficacy, Self-regulation. Kemampuan Interpersonal
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:57
Last Modified: 03 Oct 2023 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60225

Actions (login required)

View Item View Item