Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Sub Materi Aliran Energi Dan Daur Biogeokimia


Fayca Febi Tiara, 4401419017 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Sub Materi Aliran Energi Dan Daur Biogeokimia. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SKRIPSI_FAYCA FEBI TIARA (COVER-DAFTAR ISI).pdf] PDF - Published Version
Download (337kB)
[thumbnail of SKRIPSI_FAYCA FEBI TIARA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of SK DOSBING_4401419017_1678857822.pdf-doc-6411569513f50.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SK PENGUJI_4401419017_1691401144.pdf-doc-64d0bbf34ab77.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of BUKTI PEMBELIAN BUKU.pdf] PDF - Published Version
Download (158kB)
[thumbnail of ARTIKEL SKRIPSI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis literasi sains yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada sub materi aliran energi dan daur biogeokimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/RnD). Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Mipa dan X SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2022/2023.Sampel yang digunakan 15 siswa XI. MIPA 7 untuk uji coba skala kecil dan 60 siswa dari masing-masing 30 siswa X-1 dan X-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan bahan ajar digital berbasis literasi sains oleh ahli materi sebesar 85% dan ahli media sebesar 82%. Hasil analisis uji kepraktisan oleh guru pada kedua uji coba skala sebesar 90% dan hasil analisis uji kepraktisan oleh siswa pada kedua uji coba skala sebesar 84%. Dari seluruh hasil analisis termasuk kategori sangat layak dan praktis. Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar digital berbasis literasi sains dilakukan dengan pretest dan posttest pada kelas X-1 dan X-2 kemudian dihitung menggunakan uji N-Gain berdasarkan aspek. Hasil uji N-Gain aspek literasi sains pada kedua kelas sebesar 0,64 % dan uji N-Gain aspek kemampuan berpikir kritis pada kedua kelas sebesar 0,62%. Hal tersebut menunjukan kelas X-1 dan X-2 pada peningkatan literasi sains dan kemampuan berpikir kritis berada pada kriteria sedang. Dapat disimpulkan penggunaan bahan ajar digital berbasis literasi sains efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada sub materi aliran energi dan daur biogeokimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital, Literasi sains, Berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:06
Last Modified: 02 Oct 2023 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60217

Actions (login required)

View Item View Item