PEMODELAN LOGISTIC REGRESION DAN RANDOM FOREST DENGAN METODE CRISP-DM PADA ANALISIS SENTIMEN ULASAN HOTEL DAFAM SEMARANG DI SITUS TRAVELOKA
Gabriella Novena Kinthananda Samoling, 4112320043 (2023) PEMODELAN LOGISTIC REGRESION DAN RANDOM FOREST DENGAN METODE CRISP-DM PADA ANALISIS SENTIMEN ULASAN HOTEL DAFAM SEMARANG DI SITUS TRAVELOKA. Diploma thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (713kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Download (237kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (178kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (64kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (958kB) | Request a copy |
Abstract
Traveloka merupakan salah satu situs perjalanan terbesar di dunia. Hotel dafam membutuhkan hasil data ulasan pada situs traveloka untuk melakukan analisis sentimen mengenai kepuasan pelanggan. Untuk mengukur kinerja pelayanan hotel, pihak Hotel Dafam meminta ulasan para pengunjung hotel untuk menanggapi pelayanan yang telah diberikan dengan cara pengunjung dapat memberikan ulasan melalui website Traveloka. Seiring bertambahnya waktu, membaca seluruh ulasan hotel tentu akan memakan waktu yang lama. Diperlukan usaha untuk mengumpulkan ulasan tersebut dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna bagi berbagai pihak, yaitu menggunakan analisis sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan sentimen dari ulasan Hotel Dafam Semarang yang diambil dari situs Traveloka. Data ulasan akan diklasifikasikan ke dalam sentimen positif, netral, dan negatif dengan pelabelan lexicon. Tahap selanjutnya dilakukan prediksi sentimen menggunakan algoritma Logistic Regression dan Random Forest. Algoritma tersebut kemudian dievaluasi menggunakan confusion matrix, yang dibandingkan untuk menentukan nilai akurasi terbaik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma Random Forest menghasilkan nilai akurasi tertinggi, yaitu sebesar 100%. Berdasarkan hasil dari visualisasi dengan word cloud dapat disimpulkan bahwa hasil ulasan bersentimen positif, dimana banyak pengguna yang merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel. Hasil analisis ini bagi pihak hotel kedepannya untuk mempertahankan kekonsistenan dari Hotel Dafam dan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel Dafam, Traveloka, Analisis Sentimen, Logistic Regression, Random Forest |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:36 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 07:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60212 |
Actions (login required)
View Item |