Pengembangan Suplemen Pembelajaran CO-MMUNE Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Literasi Kesehatan Siswa SMA


Intan Wahyuni, 4401419053 (2023) Pengembangan Suplemen Pembelajaran CO-MMUNE Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Literasi Kesehatan Siswa SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of INTAN WAHYUNI_44101419053.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of INTAN WAHYUNI_44101419053.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of SK Pembimbing_Intan Wahyuni.pdf] PDF - Published Version
Download (161kB)
[thumbnail of Surat Undangan Ujian_4401419053.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Bukti Pembelian Sumbangan Buku.pdf] PDF - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of Jurnal Intan Wahyuni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy

Abstract

Materi sistem imun dalam buku ajar Biologi SMA belum ditampakkan warna dan gambar yang mendukung penyajian sehingga belum dapat menggambarkan mekanisme sistem imun dalam menghadapi patogen. Guru menyatakan bahwa buku ajar yang tersedia belum mampu memenuhi kebutuhan belajar serta belum memiliki kesesuaian dengan kondisi dan lingkungan belajar siswa. Hal ini berdampak pada perlunya dikembangkan bahan ajar yang mampu memenuhi kebutuhan dan kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kelayakan dan keefektifan suplemen CO-MMUNE dalam meningkatkan literasi kesehatan siswa pada materi sistem imun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah-langkah oleh Sugiyono. Pengujian terhadap suplemen pembelajaran CO-MMUNE terdiri dari tiga tahapan yaitu uji validitas, uji kelayakan dan uji keefektifan. Uji validitas meliputi uji validitas materi dan uji validitas media yang dilakukan oleh validator materi dan media yang kompeten dibidangnya. Uji kelayakan dilakukan dengan uji keterbacaan berupa uji respon guru dan siswa. Pada uji keefektifan dilakukan pengujian keefektifan suplemen dalam meningkatkan literasi kesehatan siswa dengan pemberian lembar angket literasi kesehatan berdasarkan indikator HLS-EU-Q. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas materi suplemen CO-MMUNE mendapatkan presentase 91%, kategori sangat valid dan uji validitas media didapatkan presentase 94%, kategori sangat valid. Berdasarkan uji kelayakan hasil respon guru mendapatkan presentase 93,5%, kategori sangat layak dan hasil respon siswa mendapatkan presentase 83%, kriteria sangat layak. Pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa 77,14% siswa telah mencapai kategori ketuntasan minimum sedangkan, skor indeks literasi kesehatan menunjukkan bahwa 94,2% siswa telah mencapai indeks literasi kesehatan yang memadai. Hasil tersebut menunjukkan bahwa suplemen pembelajaran CO-MMUNE yang disusun berdasar kasus Covid-19 valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep materi sistem imun dan literasi kesehatan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Literasi Kesehatan, Sistem Imun, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > HE Health Education,
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:29
Last Modified: 29 Sep 2023 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60190

Actions (login required)

View Item View Item