Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA


Sinta Anastasia, 4401418018 (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI_SINTA ANASTASIA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FIKS_SINTA ANASTASIA_4401418018.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of SK DOSBING.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SK PENGUJI.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Pembelian Buku.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Journal_4401418018_Sinta Anastasia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Dalam bidang pendidikan, peserta didik diminta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatifitas dan pemahaman terhadap pengetahuan yang baru, khususnya pada pelajaran Biologi. Pada materi sistem reproduksi manusia yang dilakukan oleh guru sudah baik, dengan menerapkan media dan metode yang telah disiapkan. Tetapi masih membuat beberapa peserta didik kurang aktif dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Materi sistem reproduksi manusia adalah materi yang dipelajari di kelas XI MIPA SMA semester 2, terdapat pada KD 3.12 dan KD 4.12. E-modul berbasis problem based learning dapat menjadi salah satu media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi sistem reproduksi manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas e-modul berbasis problem based learning materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, angket validasi, dan hasil belajar. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru biologi, dan 20 peserta didik kelas XII MIPA SMA Unggulan Nuris secara daring untuk menilai e-modul berbasis problem based learning. Uji skala besar dilakukan dengan 20 peserta didik kelas XI MIPA SMA Unggulan Nurul Islami (Ds. Rejosari, Wonolopo, Kec. Mijen, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah) secara offline dan 16 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Teupah Selatan (Ds. Suak Lamatan, Kec.Teupah Selatan, Kab. Simeulue, Prov. Aceh) secara hybrid. Dengan populasi 36 peserta didik. Hasil validasi ahli media sebesar 94,7% dan hasil validasi ahli materi sebesar 96,25% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian guru Biologi di SMA Unggulan Nuris sebesar 83,65%, dan guru Biologi di SMA Negeri 3 Tepsel sebesar 89,42% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji skala kecil yang dilakukan diperoleh 9 peserta didik dengan kriteria sangat layak, dan 11 peserta didik dengan kriteria layak. Sedangkan hasil uji skala besar di SMA Unggulan Nuris diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 90% dari nilai hasil belajar 20 peserta didik. Hasil uji skala besar di SMA Negeri 3 Tepsel diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 75% dari nilai hasil belajar 16 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning materi sistem reproduksi manusia layak digunakan di SMA Unggulan Nuris dan efektif digunakan di SMA Unggulan Nuris dan SMA Negeri 3 Tepsel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul, hasil belajar, pemahaman konsep, problem based learning, sistem reproduksi manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:23
Last Modified: 11 Oct 2023 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60177

Actions (login required)

View Item View Item