Pengembangan Education Game Berbasis Scratch untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Gerak Manusia


Annisa Nurfadhilah, 4001419037 (2023) Pengembangan Education Game Berbasis Scratch untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Gerak Manusia. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover sampai Daftar Isi_Annisa Nurfadhilah.pdf] PDF - Published Version
Download (761kB)
[thumbnail of Skripsi Annisa Nurfadhilah_4001419037.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of SK Pembimbing Annisa Nurfadhilah.pdf] PDF - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of Surat Undangan Ujian Annisa Nurfadhilah.pdf] PDF - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of Bukti Pembelian Buku_Annisa Nurfadhilah.pdf] PDF - Published Version
Download (63kB)

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kritis diperlukan oleh siswa untuk dapat memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar siswa. Namun, berdasarkan hasil penelitian terdahulu dan hasil observasi di MTs Al Uswah Bergas diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa adalah Education Game (Edugame) berbasis Scratch. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran Edugame berbasis Scratch, menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan Edugame berbasis Scratch, dan juga mengetahui respon siswa setelah menggunakan Edugame berbasis Scratch. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX A sebagai subjek uji coba produk pada tahap development dan siswa kelas VIII B sebagai subjek pada tahap implementation. Data penelitian berupa data validitas media pembelajaran Edugame berbasis Scratch, tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Scratch, dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Scratch. Semua data yang telah didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran Edugame valid untuk digunakan dengan hasil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Education Game, Scratch, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Gerak Manusia
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:50
Last Modified: 29 Sep 2023 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60174

Actions (login required)

View Item View Item