Efektivitas Model Guided Discovery Learning Terintegrasi Multimedia Interaktif Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Mayong


Bagas Tri Nugroho, 4401416009 (2023) Efektivitas Model Guided Discovery Learning Terintegrasi Multimedia Interaktif Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Mayong. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of sampul bebas mipa.pdf] PDF - Published Version
Download (676kB)
[thumbnail of Bagas Tri nugroho_4401416009_Skripsi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of signed_skdosbing_4401416009_1677231115.pdf-doc-63fdcd4732fd5 (2).pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of dk9rd2JzSWJ5N2VXeUlraUQ0ZG9QQW1ZYy9VTitjSXp4TlcycnpHcGdSaElqYmpwbkFES0VWZnkvcGRJemNtVFJGaFpKYmgwM2N4V3A2cW1BMlQ1TEE9PQ==.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of bukti buku.pdf] PDF - Published Version
Download (134kB)
[thumbnail of Bagas Tri Nugroho_4401416009_Artikel.pdf] PDF - Published Version
Download (201kB)

Abstract

Hasil belajar kognitif menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Pengetahuan sistem reproduksi penting untuk dimiliki siswa SMA karena memuat pengetahuan tentang sistem reproduksi, pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan pencegahan terhadap infeksi menular seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model guided discovery learning terintegrasi multimedia interaktif berbasis android terhadap hasil belajar kognitif materi sistem reproduksi di SMA N 1 Mayong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi experiment bertipe two group pretest-posttest with control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Mayong dengan sampel kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan MIPA 2 (kelas kontrol). Variabel bebas penelitian ini adalah model guided discovery learning terintegrasi multimedia interaktif berbasis android, variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sebanyak 88,24% siswa melampaui KKM SMA N 1 Mayong yaitu 68, sedangkan kelas kontrol sebanyak 79,41%. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan hasil sedang. Hasil tersebut diperkuat oleh angket tanggapan siswa yang memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model guided discovery learning terintegrasi multimedia interaktif berbasis android. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model guided discovery learning terintegrasi multimedia interaktif berbasis android efektif meningkatkan hasil belajar kognitif materi sistem reproduksi di SMA N 1 Mayong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guided discovery learning, multimedia interaktif berbasis android, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:18
Last Modified: 27 Sep 2023 09:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60173

Actions (login required)

View Item View Item