Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI
Evi Safira, 4401419008 (2023) Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
Abstract
sistem pertahanan tubuh Biologi merupakan ilmu yang memuat berbagai konsep yang berhubungan dengan fenomena kehidupan makhluk hidup mulai dari tingkatan organisme hingga interaksi antar organisme dengan lingkungannya. Peserta didik cenderung belajar dengan mengandalkan metode menghafal, sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik rendah. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan metode 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis PBL berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak dengan persentase kelayakan dari ahli media sebesar 95,5% dan persentase kelayakan dari ahli konten sebesar 97%. LKPD berbasis PBL ini juga dinyatakan sangat praktis dengan perolehan persentase sebesar 90% dari guru, dan 80,4% dari peserta didik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yang memperoleh hasil 0,79. Peningkatan hasil belajar ini berhubungan dengan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dengan perolehan uji N-Gain sebesar 0,54 dan dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi sistem pertahanan tubuh berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak dan efektif untuk meningkatkan motivasI, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA MA Negeri 2 Wonosobo.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, LKPD berbasism PBL, motivasi, dan sistem pertahanan tubuh |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 08:14 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 08:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60172 |
Actions (login required)
View Item |