Pinterest : Optimalisasi Literasi Visual dalam Pembelajaran Ilustrasi


Agus Cahyono, FBS Pendidikan Seni (2022) Pinterest : Optimalisasi Literasi Visual dalam Pembelajaran Ilustrasi. In: Seminar Nasional Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 81. Pinterest  Optimalisasi Literasi Visual.pdf] PDF - Published Version
Download (537kB)

Abstract

Kurangnya literasi visual dan adaptasi teknologi dalam rangka memunculkan ide dan gagasan siswa, merupakan masalah yang dihadapi oleh beberapa siswa di kelas VIII di beberapa SMP di Kabupaten Semarang dalam pembelajaran ilustrasi di masa pandemi. Berdasarkan observasi ditemukan bahwa, masih banyak siswa yang mengalami kendala dalam hal eksplorasi ide dan gagasan pada saat membuat karya ilustrasi. Hal ini disebabkan karena kondisi pembelajaran yang berubah serta lemahnya kemampuan literasi visual siswa di masa pandemi. Bertolak dari masalah tersebut, maka diperlukan suatu media untuk mengoptimalkan kemampuan literasi visual yang dimiliki oleh siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan media Pinterest. Pinterest dirasa cocok untuk diterapkan sebagai solusi dalam pembelajaran ilustrasi, karena didalamnya memuat hasil karya visual dengan berbagai bentuk yang berasal dari para seniman/ilustrator dari seluruh dunia yang bisa diakses oleh siswa kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan gawai. Tujuan penelitian adalah; (1) mengidentifikasi kesadaran penggunaan kemampuan literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi, (2) menjelaskan penerapan Pinterest sebagai media untuk megoptimalkan literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi, (3) menemukan faktor pendukung dan penghambat penerapan Pinterest sebagai media untuk mengoptimalkan literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian; (1) kesadaran literasi visual siswa kelas VIII di beberapa SMP di Kabupaten Semarang masih rendah, (2) penerapan Pinterest dapat mengoptimalkan kemampuan literasi visual siswa dalam pembelajaran ilustrasi, (3) terdapat tiga faktor pendukung dan dua faktor penghambat penerapan Pinterest sebagai media literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi. Dengan adanya penelitian ini, harapannya dapat memberikan pengetahuan empiris mengenai penerapan Pinterest sebagai media literasi visual pada pembelajaran ilustrasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ilustrasi; literasi; pembelajaran; pinterest; visual.
Subjects: L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:44
Last Modified: 26 Sep 2023 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60120

Actions (login required)

View Item View Item