Representasi Isu Sosial Budaya pada Desain Poster dan Relevansinya terhadap Kemampuan Literasi Visual Tingkat Perguruan Tinggi


Agus Cahyono, FBS Pendidikan Seni (2022) Representasi Isu Sosial Budaya pada Desain Poster dan Relevansinya terhadap Kemampuan Literasi Visual Tingkat Perguruan Tinggi. In: Seminar Nasional Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 80. Representasi Isu Sosial Budaya.pdf] PDF - Published Version
Download (521kB)

Abstract

Pendidikan seni di masa modern saat ini banyak sekali tantangan kontradiktif antara konsep dan implementasi di lapangan dalam kurikulumnya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa perguruan tinggi, khususnya mahasiswa Desain Komunikasi Visual di era modern ini adalah literasi visual. Namun, hingga saat ini kemampuan literasi visual mahasiswa masih sering dikesampingkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi karya dari mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang dihasilkan dalam perkuliahan praktik, ditinjau dari keterampilan atau kemampuan literasi visual serta kreativitas dalam produksi ide. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Desain Komunikasi Visual dari empat universitas, yaitu Universitas Negeri Semarang, Institut Seni Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Sebelas Maret. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik interpretivisme untuk menganalisis semua data tersebut. Dengan mengacu pada standar literasi visual di perguruan tinggi, hasil penelitian menunjukkan dari tiga gambar poster yang dibuat oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual, seluruhnya menunjukkan bahwa kemampuan literasi visual dan kreativitias produksi ide mahasiswa Desain Komunikasi Visual sudah baik dalam merepresentasikan isu – isu sosial dan budaya ke dalam hasil karyanya selama perkuliahan praktik, sehingga terdapat kebermaknaan pesan dalam karya tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kreativitas; kompetensi; perguruan tinggi.
Subjects: L Education > L Education (General) > interpersonal competence
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:40
Last Modified: 26 Sep 2023 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60119

Actions (login required)

View Item View Item