Aplikasi NL: Solusi Peningkatan Penguasaan Materi Bagi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Notasi Tari di Era Digital
Agus Cahyono, FBS Pendidikan Seni (2022) Aplikasi NL: Solusi Peningkatan Penguasaan Materi Bagi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Notasi Tari di Era Digital. In: Seminar Nasional Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (568kB) |
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai analisis kesulitasn belajar mahasiswa terhadap mata kulah notasi tari, dan solusi nya untuk meningkatkan penguasaan materi perkuliahan notasi tari. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey kepada 20 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uiversitas Tanjungpura .Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat faktor kesulitan belajar mahasiswa dalam menguasai materi perkuliahan notasi tari, salahsatunya penggunaan media yang dapat mempermudah dalam menganalisis gerak tari. Berdasarkan kesulitan tersebut aplikasi NL menjadi salah satu solusi untuk menguasai materi notasi tari. Penggunaan aplikasi yang dielaborasi dengan pembelajaran secara kontekstual dapat membuat pembelajaran notasi menjadi lebih menyenangkan dan tidak terlihat atau terkesan kaku sehingga sulit untuk dipahami. Satu di antara tawaran pembelajaran yang telah dilakukan yaitu menggunakan pembelajaran koncekstual (Contextual Teaching and Learning). Jika pembelajaran terasa menyenangkan maka akan terjadi perbandingan lurus yaitu minat, motivasi dan keseriusan dalam menerima materi ajar akan ada dalam diri mahasiswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | notasi tari; aplikasi nl; penguasaan materi. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S3 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 00:55 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 00:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60115 |
Actions (login required)
View Item |