Analisis Faktor Yang Memengaruhi Minat Berkelanjutan Penggunaan Fitur Online Food Delivery Menggunakan ECM dan UTAUT2


Afan Ismi Fauzan, 4612418014 (2023) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Minat Berkelanjutan Penggunaan Fitur Online Food Delivery Menggunakan ECM dan UTAUT2. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Penetapan Pembimbing.pdf] PDF - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Surat undangan ujian skripsi.pdf] PDF - Published Version
Download (397kB)
[thumbnail of COVER - DAFTAR ISI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Nota Pembayaran Buku .pdf] PDF - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of SKRIPSI FINAL BY AFAN ISMI FAUZAN.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri saat ini sudah di tingkat dapat menyediakan layanan pesan antar makanan secara online atau online food delivery, sehingga mempermudah pengguna dalam memesan makanan. Selain itu pandemi Covid- 19 secara tidak langsung juga mengubah perilaku konsumen menghindari maupun mengurangi kegiatan di luar rumah, termasuk dalam hal memesan makanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan jasa online food delivery secara continuance intention setelah pandemi. Penelitian ini menggunakan metode yang mengintegrasikan variabel dari ECM (Expectancy Confirmation Model) dan UTAUT2 (Extended Unified Theory of Use and Acceptance of Technology 2). Data pada penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner secara online. Sedangkan, metode analisis data menggunakan excel untuk proses screening data serta aplikasi SmartPLS 3 untuk uji inner model dan outer model. Hasil penelitian ini menunjukan aplikasi layanan online food delivery paling sering digunakan adalah Go-Food dan didominasi oleh perempuan, dengan kelompok usia 17 tahun sampai 25 tahun, mayoritas pelajar/mahasiswa, berdomisili paling banyak pada provinsi Jawa Barat. Kemudian, terdapat enam hipotesis diterima dan lima hipotesis yang ditolak. Berdasarkan hipotesis yang diterima, ditemukan bahwa variabel price saving orientation, habit berpengaruh dalam mempengaruhi pengguna dalam menggunakan layanan online food delivery secara continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukkan yang positif bagi pihak berwenang untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Online Food Delivery, Continuance Intention, Food Delivery Applications (FDA), Extended Unified Theory of Use and Acceptance of Technology 2 (UTAUT2), Expectancy Confirmation Model (ECM)
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:15
Last Modified: 27 Sep 2023 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60107

Actions (login required)

View Item View Item