Kreativitas Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Dengan Media Kenthongan di SDN I (Induk) Purwoharjo Kecamatan Comal Pemalang.
Widi Atmoko, 2501404051 (2011) Kreativitas Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Dengan Media Kenthongan di SDN I (Induk) Purwoharjo Kecamatan Comal Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Kreativitas Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Dengan Media Kenthongan di SDN I (Induk) Purwoharjo Kecamatan Comal Pemalang.)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan perannya yang tak mampu diemban oleh mata pelajaran lain. Keunikan tersebut terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Permasalahan dalam penelitian ini : (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler musik kenthongan di SDN I (induk) Purwoharjo Kecamatan Comal-Pemalang ? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran ektrakurikuler musik kenthongan di SDN (induk) Purwoharjo Kecamatan Comal-Pemalang ? (3) Bagaimana kreativitas siswa dalam pembelajaran ektrakurikuler musik kenthongan di SDN (induk) Purwoharjo Kecamatan Comal-Pemalang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknok dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu meneliti kondisi kesenian tradisional kenthongan, kemudian data yang diperoleh bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut 1) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler musik kenthongan di SDN 1 (induk) Purwoharjo Kecamatan Comal-Pemalang betujuan agar siswa mampu menghargai hasil karya seni dan mampu mengambangkan sikap, kemampuan bermain musik, dan apresiasi siswa terhadap kesenian tradisional khususnya pada alat musik kenthongan. Materi yang digunakan seperti pengenalan alat musik, menirukan pola irama, memainkan alat musik dan sebagian menyanyi yang dilakukan secara berkelompok. 2) Unsur kreativitas yang diterapkan adalah kreativitas pada pemilihan alat musik, seperti kenthongan dan rebana dan pemilihan lagu yang akan dinyanyikan serta membuat pola irama kenthongan dan rebana. Dalam konteks ini, guru sebagai fasilisator berperan sangat penting dalam mengkondisikan kelas agar tidak tercipta suasana yang dapat menjatuhkan mental. 3) Pada pembelajaran ekstrakurikuler musik kenthongan ini ada beberapa siswa yang terlihat sangat berkreatif dengan memasukan alat musik lain pada pembelajaran musik kenthongan tersebut seperti botol limun, besi kecil, dan yang lebih menarik lagi ada beberapa siswa lagi yang mencari tutup botol, paku, dan potongan kayu kecil sehingga dijadikan alat musik tamborin (icik-icik). Dengan penambahan alat musik tersebut siswa sudah terlihat kreativitasnya karena penambahan yang dilakukan oleh siswa tanpa menunggu perintah dari guru/pelatih sehingga membuat guru/pelatih merasa kagum dan bangga tentang apa yang dilakukan siswanya. Saran dari hasil penelitian adalah agar kegiatan ekstrakurikuler SDN I (induk) Purwoharjo Kecamatan Comal-Pemalang lebih maju yaitu dengan ruang latihan perlu ditambah agar dapat berlatih dengan baik dan perlu diadakan kegiatan pentas di sekolah minimal satu bulan satu kali agar siswa yang tidak pernah pentas dapat merasakan bermain di atas panggung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas guru dan siswa, Pembelajaran Ekstra Kurikuler, Alat Musik Kenthongan. |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Mar 2011 08:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/601 |
Actions (login required)
View Item |