PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2006 – 2007 JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 9 SEMARANG


Festi Zulfaturrohmah , 3301403126 (2007) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2006 – 2007 JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER 2  TAHUN AJARAN 2006 – 2007  JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN  SMK NEGERI 9 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2006 – 2007 JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 9 SEMARANG) - Published Version
Download (536kB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi di sekolah diantaranya yaitu metode mengajar dan fasilitas belajar. Prestasi belajar merupakan hal yang penting karena dapat mengindikasikan keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Metode mengajar dan fasilitas belajar mengindikasikan berpengaruh terhadap prestasi belajar, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh metode mengajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi. Penelitian yang dilakukan yaitu pada siswa kelas 1 semester 2 tahun ajaran 2006/2007 jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 9 Semarang. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan dijawab adalah (1) adakah pengaruh secara parsial X1 terhadap Y, (2) adakah pengaruh secara parsial X2 terhadap Y, (3) adakah pengaruh secara simultan X1 dan X2 terhadap Y, (4) seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh X1, X2 terhadap Y baik secara parsial maupun simultan, (5) bagaimana gambaran tentang X1, 6) bagaimana gambaran tentang X2, (7)bagaimana gambaran tentang Y. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan- permasalahan penelitian tersebut. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang yaitu ada 80 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi ganda dan deskriptif presentase. Berdasarkan hasil uji parsial pengaruh metode mengajar terhadap prestasi belajar menunjukkan thitung = 2,944, taraf signifikasi 0,004, ttabel = 1,6641 karena thitung>ttabel maka variabel metode mengajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar menunjukkan thitung = 4,984, taraf signifikasi 0,000, ttabel = 1,6641 karena thitung>ttabel menunjukkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil uji F diperoleh Fhitung = 12,885, taraf signifikasi sebesar 0,000, Ftabel = 3,1108 karena Fhitung>Ftabel menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) ada pengaruh yang signifikan antara metode mengajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian ini dianalisis melalui deskriptif presentase dan hasilnya adalah sebagian besar siswa menjawab metode mengajar kurang baik, fasilitas belajar kurang baik, dan prestasi belajar kurang baik. Dapat disimpulkan Metode mengajar dan fasilitas belajar merupakan hal yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 00:38
Last Modified: 25 Apr 2015 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6003

Actions (login required)

View Item View Item