TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PAUD KECAMATAN PATIKRAJA
Meilenia Nurhafani, 1601418101 (2022) TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PAUD KECAMATAN PATIKRAJA. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Wabah COVID-19 yang menjadi pandemi di Indonesia menyebabkan peralihan bentuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran selama pandemi dilakukan secara daring untuk mengurangi resiko penularan COVID-19. Sistem pembelajaran selama pandemi memungkinkan adanya perbedaan ketercapaian tujuan pembelajaran, salah satunya tingkat kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak usia dini dalam pembelajaran selama pandemi COVID-19 di PAUD Kecamatan Patikraja. Tingkat kemandirian yang diteliti didasarkan pada usia, kelompok pekerjaan orang tua serta sarana dan prasarana pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan jenis survey. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik PAUD dengan rentang usia 4-6 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan kuota sampling. Jumlah populasi sebesar 828 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 270 responden yang berasal dari sembilan PAUD di Kecamatan Patikraja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kemandirian berdasarkan aspek usia, kelompok pekerjaan orang tua, serta sarana dan prasarana. Pada aspek usia, tingkat kemandirian 63,64% responden usia 4 tahun berkategori cukup baik; 43,02% responden usia 5 tahun berkategori baik dan 53,76% responden usia 6 tahun memiliki tingkat kemandirian berkategori baik. Pada aspek kelompok pekerjaan orang tua 38,10% responden dari kelompok I memiliki tingkat kemandirian baik; 50,00% responden kelompok II berkategori sangat baik; 43,43% responden dari kelompok III berkategori baik; 45,45% responden dari kelompok IV berkategori baik dan 60,75% responden dari kelompok V berkategori baik. Pada aspek sarana prasarana tingkat kemandirian 42,45% responden dengan sarana dan prasarana kurang lengkap berkategori sangat baik; 44,66% responden dengan sarana prasarana cukup lengkap berkategori baik serta 72,13% responden dengan sarana prasarana lengkap berkategori baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Kemandirian, Pembelajaran masa Pandemi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:34 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59953 |
Actions (login required)
View Item |