Desain Model Pembelajaran Sciencetechnopreneurship (STP) Untuk Menumbuhkan Literasi Sains, Literasi Teknologi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Karakter Entrepreneurship


Sri Jumini, 0402619007 (2023) Desain Model Pembelajaran Sciencetechnopreneurship (STP) Untuk Menumbuhkan Literasi Sains, Literasi Teknologi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Karakter Entrepreneurship. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SJ_Cover Disertasi STP Lengkap ttd.pdf] PDF
Download (426kB)
[thumbnail of 7. Bibliomtric Analisis_TUSED_compressed.pdf] PDF
Download (412kB)
[thumbnail of sertifikat HAKI_Buku STP_EC00202260640.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Disertasi SRI JUMINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

Tantangan Perguruan Tinggi di era abad 21 dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang komprehensif, sehingga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang permasalahannya semakin kompleks, dan lebih siap menghadapi dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman langsung dalam kehidupan nyata, aplikatif berdaya guna, dan memiliki peran yang luas dalam peningkatan ekonomi masyarakat; 2) karakteristik model pembelajaran STP; 3) efektivitas model pembelajaran STP dalam menumbuhkan literasi sains, literasi teknologi, kemampuan pemecahan masalah, dan karakter entrepreneurship; 4) hubungan literasi sains, literasi teknologi, kemampuan pemecahan masalah, dan karakter entrepreurship. Penelitian menggunakan desain mixed-method dengan model Embedded Experimental. Desain penelitian ini terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) pengumpulan data kualitatif; 2) melakukan analisis data kualitatif, 3) pengambilan data kuantiatif, 4) analisis data kuantitatif dan 5) Interprestasi data. Sampel Penelitian terdiri dari 5 Program Studi yang berasal dari 3 wilayah, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Kalimantan. Prodi Pendidikan Fisika UNSIQ 32 mahasiswa, PGMI UNSIQ 44 mahasiswa, PGMI UIN Salatiga 35 mahasiswa, Pendidikan Fisika STKIP PGRI Pontianak 47 mahasiswa, Pendidikan Fisika UNSIL 64 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuisoner, observasi, wawancara, dan tes Pilihan ganda untuk mengukur literasi sains dan literasi teknologi, Soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah serta angket untuk menukur literasi sains aspek dan literasi teknologi aspek sikap, dan karakter entrepreneurship. Teknik analisis data kualitatif yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis uji Friedman dan SEM-PLS. Hasil penelitian: 1) Model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman langsung dalam kehidupan nyata, aplikatif berdaya guna, dan memiliki peran yang luas dalam peningkatan ekonomi masyarakat adalah model pembelajaran yang dikaitkan dengan isu permasalahan di masyarakat, teknologi aplikasi yang dapat dipelajari langsung ke DUDI, beserta analisis pengelolaan usahanya; 2) Model Pembelajaran Sciencetechnopreneurship (STP) memiliki karakteristik: a) merupakan model interdisipliner yang mengintegarasikan pembelajaran sains dari ilmu fisika, kimia, biologi kemudian kewirausahaan dalam konsep analisis usaha yang menerapakan aplikasi konsep sain; b) merupakan model transdisipliner yang mengarahkan peserta didik untuk belajar langsung ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk melihat penerapan teknologi aplikasi konsep sains dan analisis usaha pengembangan ekonomi masyarakat; c) proses pembelajaran model sciencetechnopreneurship (STP) dilakukan dengan beberapa model, yakni saat pembelajaran di kelas dengan pendekatan STM, kemudian saat ke dunia usaha dan industri dengan model case study, dan penilaian dilakukan dengan model PjBL; d) menekankan pada pengembangan kompetensi literasi sains, literasi teknologi, kemampuan pemecahan masalah, dan karakter kewirausahaan; 3) Model pembelajaran sciencetechnopreneurship (STP) efektif untuk menumbuhkan literasi sains, literasi teknologi, kemampuan pemecahan masalah, dan karakter kewirausahaan dengan nilai sig. 0,000< α(0,05); 4) Hubungan antar variabel didapatkan bahwa kompetensi literasi sains berkontribusi terhadap literasi sains sebesar 137,259, literasi sains terhadap karakter entrepreneurship sebesar 3,392; literasi sains terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,466; literasi teknologi terhadap karakter entrepreneurship sebesar 5,033; literasi teknologi terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,939; dan karakter entrepreneurship terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 6,540.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Sains, Teknologi, Enterpreneurship, Literasi Sains, Literasi Teknologi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakter Entrepreneurship
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S3
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:46
Last Modified: 13 Sep 2023 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59933

Actions (login required)

View Item View Item