Pengembangan Asesmen Kinerja Berbasis STEM untuk Menganalisis Keterampilan Kreativitas Siswa


Ukhti Mutia Munifatuzzahroh, 0403520023 (2023) Pengembangan Asesmen Kinerja Berbasis STEM untuk Menganalisis Keterampilan Kreativitas Siswa. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 00 SAMPUL LUAR_merged (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS UKHTI FIX.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of MANUSKRIP JURNAL.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. LoA Artikel Jurnal.pdf] PDF
Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen asesmen kinerja berbasis STEM untuk menganalisis kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development mengacu model 4D. Tahap define dilaksanakan dengan melakukan studi pendahuluan yang selanjutnya dianalisis, mulai dari analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design, yaitu melakukan desain awal atau rancangan awal berupa Draft I. Tahap develop dilaksanakan untuk menghasilkan draf II, draf III dan produk final dari instrumen asesmen kinerja. Draf II diperoleh melalui hasi revisi validasi ahli. Draf III merupakan perolehan hasil uji coba produk skala kecil. Produk Final diperoleh dari hasil uji coba produk skala besar. Instrumen asesmen kinerja berbasis STEM untuk menganalisis kreativitas siswa yang dikembangkan berupa: 1) RPP, 2) LKPD, 3) Kisi-kisi, 4) Lembar Penilaian Kinerja, 5) Rubrik Penilaian, dan 6) Pedoman Penilaian. Validasi Ahli terhadap Instrumen asesmen kinerja berbasis STEM untuk menganalisis kreativitas siswa yang dikembangkan menghasilkan kriteria valid sehingga layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil uji coba produk baik skala kecil dan skala besar juga menunjukkan kategori reliabel. Instrumen asesmen kinerja berbasis STEM yang dikembangkan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk menganalisis kreativitas siswa. Berdasarkan hal tersebut, diketahui profil kreativitas siswa di dua SMA Negeri Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kinerja, STEM, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > portfolio assessment
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:49
Last Modified: 15 Sep 2023 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59915

Actions (login required)

View Item View Item