PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA SEMARANG MATERI KERAGAMAN BUDAYA MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD N PUDAK PAYUNG 02 SEMARANG


Zainita Putri Fatmawati, 1401418443 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA SEMARANG MATERI KERAGAMAN BUDAYA MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD N PUDAK PAYUNG 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418443_ZAINITA PUTRI F - Zainita Putri Fatmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada pra penelitian di SDN Pudak Payung 02 Semarang melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat permasalahan yang muncul yaitu pada mata pembelajaran PPKn terdapat berbagai materi yang harus dipelajari oleh siswa, terutama pada materi keragaman budaya yang sulit dipahami oleh siswa, sehingga mengakibatkan hasil belajar PPKn rendah. Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang meskipun guru menggunakan buku – buku pelajaran, buku buku latihan soal, peta, dan internet. Guru hanya menggunakan gambar dan video, sehingga pembelajaran kurang maksimal dan kurang memaksimalkan fasilitas LCD proyektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan e-modul berbasis kearifan lokal materi keragaman budaya masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar PPKn. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pudak Payung 02 Semarang. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian media sebesar 96,88%, kelayakan isi sebesar 98,43%, dan kelayakan bahasa sebesar 85,93%. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan rata-rata uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,307 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah e-modul kearifan lokal layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKN materi keragaman budaya masyarakat. Saran penelitian selanjutnya adalah memperbaiki tampilan desain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, PPKn, Kearifan Lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:12
Last Modified: 12 Sep 2023 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59914

Actions (login required)

View Item View Item