(ABSTRAK) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA KONSEP INVERTEBRATA DI SMA


Saeful Muhdorotul Anwar , 4401405572 (2009) (ABSTRAK) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA KONSEP INVERTEBRATA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA KONSEP INVERTEBRATA DI SMA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA KONSEP INVERTEBRATA DI SMA) - Published Version
Download (44kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan pendekatan pembelajaran biologi di sekolah dirasa masih perlu dikembangkan untuk mengoptimalkan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik. Salah satu model dan pendekatan yang mengorientasikan keikutsertaan peserta didik dalam pembelajaran adalah model investigasi kelompok berpendekatan Jelajah Alam Sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif, aktivitas afektif dan aktivitas psikomotorik peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Paguyangan Kabupaten Brebes dengan populasi seluruh kelas X yang berjumlah lima kelas yaitu kelas X1 sampai X5. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah one shot case study dengan sampel dua kelas yaitu kelas X3 dan X4. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas afektif kedua kelas eksperimen tinggi (84,21%) pada kelas X3 (86,49%) pada kelas X4. Aktivitas psikomotorik kelas X3 tinggi (81,58%) begitu pula kelas X4 (83,78%). Hasil belajar kelas X3 mencapai ketuntasan klasikal 68,42% dan kelas X4 (70,72%). Peserta didik mampu mengembangkan kemampuan dalam mengobservasi objek yang dipelajari secara seksama, menginvestigasi suatu objek pembelajaran, mempresentasikan hasil investigasi dan menggunakan alat dengan benar. Tanggapan peserta didik mengenai model dan pendekatan yang digunakan menunjukkan 94,59% pada kelas X3 dan 83,78% pada kelas X4 peserta didik menyatakan sangat setuju, 94,74% pada kelas X3 dan 94,9% pada kelas X4 menyatakan sangat senang dengan penerapan model dan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model investigasi kelompok aktivitas afektif dan aktivitas psikomotorik peserta didik tinggi namun secara klasikal belum dapat menuntaskan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: investigasi kelompok, pendekatan jas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2011 08:05
Last Modified: 20 Oct 2011 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item