HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA 1 KABUPATEN REMBANG


Muhammad Khammas Ainun Ni’am, 1401418401 (2022) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA 1 KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418401 - Muhammad Khammas Ainun Ni`am.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Variasi gaya mengajar merupakan hal yang harus di lakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh guru akan berpengaruh pada respon dan tingkat keaktifan siswa. Saat siswa aktif, guru juga akan mudah untuk menganalisa proses pembelajaran karena mengetahui apa yang dibutuhkan dan yang sesuai dengan siswa serta materi yang akan diajarkan.. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Menguji dan mendeskripsikan hubungan antara variasi gaya mengajar dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS. (2) Menguji dan mendeskripsikan hubungan antara kekatifan siswa dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS. (3)Menguji dan mendeskripsikan hubungan antara variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma 1 Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 165 siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma 1 Kabupaten Rembang Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling sebanyak 116 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa sebesar 0,684 dengan kontribusi 46,8%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa sebesar 0,725 dengan kontribusi 52,6%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa sebesar 0,799 dengan kontribusi 63,9%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma 1 Kabupaten Rembang. Saran dalam penelitian ini, guru harus meningkatkan variasi gaya mengajar yang ada di kelas agar siswa tidak mudah bosan dan aktif dalam pembelajaran, sedangkan untuk siswa diharapkan meningkatkan keaktifan saat proses pembelajaran supaya lebih faham terhadap materi yang diajarkan dan guru mampu menilai seberapa jauh siswa dalam memahami pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; keaktifan siswa; variasi gaya mengajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:28
Last Modified: 07 Sep 2023 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59902

Actions (login required)

View Item View Item