HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS GEMILANG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG


Alfina Mubarokah, 1401418366 (2022) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS GEMILANG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418366_Alfina Mubarokah - Alfina Mubarokah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Penelitian bertujuan untuk menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan antara : (1) bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS; (2) motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS; (3) bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupkan penelitian korelasi dengan menggunakan data kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi bimbingan belajar orang tua, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar IPS. Populasi yang digunakan dalam penelitian merupakan siswa kelas IV SD Negeri Gugus Gemilang Kecamatan Temanggung sebanyak 137 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analsis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil analisi data menggunakan rumus product moment dengan hasil: (1) hasil rhitung variabel bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS lebih besar dari rtabel ( 0,557 > 0,193), besar koefisien determinasi 31%; (2) ) hasil rhitung variabel motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS lebih besar dari rtabel ( 0,480 > 0,193), besar koefisien determinasi 23%; (3) ) hasil rhitung variabel bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS lebih besar dari rtabel ( 0,690 > 0,193), besar koefisien determinasi 47,5%. Simpulan penelitian ini adalah: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,557 dan termasuk dalam kategori sedang; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS, rhitung = 0,480 dan termasuk dalam kategori sedang; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS, rhitung = 0,690 dan termasuk dalam kategori kuat. Saran penelitian ini yaitu orang tua dan guru bersama-sama memberikan motivasi serta dorongan saat belajar dirumah maupun di sekolah untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar orang tua, motivasi belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:44
Last Modified: 07 Sep 2023 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59898

Actions (login required)

View Item View Item