PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK EFEKTIVITAS EVALUASI MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN KALONGAN 02


Riza Umami, 1401418357 (2022) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK EFEKTIVITAS EVALUASI MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN KALONGAN 02. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418357 - Riza Umami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital inovasi pembelajaran berbasis teknologi atau internet sangat diperlukan karena diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan. Dari hasil wawancara dan observasi, permasalahan cukup banyak ditemukan pada pembelajaran IPS seperti pemanfaatan IT dalam pembelajaran daring masih kurang, evaluasi pembelajaran muatan IPS masih manual membuat siswa kurang bersemangat dalam mengerjakan evaluasi serta guru belum pernah meng�embangkan evaluasi online berbasis quizizz sehingga guru kesulitan dalam mengoreksi jawaban siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik, kelayakan, keefektifan evaluasi pembelajaran berbasis quizizz pada muatan pelajaran IPS materi bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi. Desain evaluasi yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalongan 02 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 19 siswa laki–laki dan 11 perempuan. Analisis data awal terdiri atas uji normalitas dan uji analisis deskripsi angket kebutuhan sedangkan analisis data akhir pada penelitian ini terdiri atas uji t-test dan uji n-gain. Evaluasi pembelajaran berbasis quizizz dikembangkan berdasarkan kelayakan oleh ahli media dan ahli materi yang memiliki kriteria sangat layak. Presentase kelayakan oleh ahli media sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak dan presentase kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 93,2% dengan kriteria sangat layak. Evaluasi pembelajaran berbasis quizizz efektif untuk menarik perhatian siswa dan motivasi siswa pada muatan pelajaran IPS materi bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi pada siswa kelas V, yang ditunjukkan dengan hasil t-test pada t_hitung > t_tabel yaitu sebesar 12,917 > 2,002 sehingga Ho ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan evaluasi berbasis quizizz pada evaluasi pembelajaran serta terdapat peningktan rata–rata sebesar 0,700 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran berbasis quizizz efektif digunakan sebagai evaluasi pembelajaran pada muatan pelajaran IPS materi bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi. Saran dalam penelitian ini untuk guru dapat mengembangkan evaluasi pembelajaran yang lebih bervariasi untuk memotivasi dan menarik perhatian siswa dalam proses evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran, IPS, quizizz, efektivitas evaluasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:13
Last Modified: 07 Sep 2023 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59897

Actions (login required)

View Item View Item