PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 BUAY MADANG


Muhammad Salman Arrosyid, 0106521039 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 BUAY MADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sikap sosial dan profil pelajar Pancasila merupakan tujuan dari pendidikan yang mewujudkan pelajar sepanjang masa yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial dan profil pelajar pancasila berbentuk kuesioner dengan 35 butir pernyataan. Pada penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) model Borg and Gall yang keseluruhan langkahnya dimodifikasi menggunakan langkah yang dikembangkan oleh Djemari. Validitas instrument diuji oleh 3 ahli di bidangnya dan hasil nilai yang diberikan oleh ahli diuji menggunakan rumus V-index dengan rata-rata 0,80 dan reliabilitas validator ahli menggunakan rumus Ebel maka diperoleh koefisien Rxx = 0.97. Hasil pada uji instrumen di lapangan yang dilakukan oleh peneliti kepada peserta didik yang berjumlah 165 orang menghasilkan persentase 12,7% jumlah peserta didik yang mendapat nilai rendah, 80% peserta didik yang medapatkan nilai sedang, dan 7,3% untuk peserta didik yang mendapatkan nilai tinggi. Pada analisis data menunjukkan bahwa nilai hasil KMO yaitu 0.680 sehingga butir instrumen yang dikembangkan bisa dianalisis lebih lanjut. Maka hasil dari pengembangan instrumen yang dikembangkan terbentuk 13 faktor pada hasil analisis rotated component matrix dan nilai validitas konstruknya sebagai berikut 1) integritas 0.57, 2) koordinasi sosial 0.536, 3) merawat diri, spiritual dan mental 0.589, 4) berempati kepada orang lain 5) implementasi nilai-nilai keagamaan 0.565, 6) mengutamakan kebersamaan dan menghargai perbedaan 0.618, 7) tolonng menolong 0.775, 8)menghilangkan streotip dan prasangka 0.488, 9) menyelaraskan perbedaan 0.826, 10) berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan 0.509, 11) adaptif 0.836, 12) saling ketergantungan positif 0.62, 13) pengendalian diri 0.745. Dari terbentuknya 13 faktor utama maka faktor-faktor tersebut sudah mewakili faktor utama dari sikap sosial dan profil pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Penilaian Sikap, Profil Pelajar Pancasila, Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:39
Last Modified: 07 Sep 2023 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59896

Actions (login required)

View Item View Item