PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MODEL RASCH


MIA HAFIZAH TUMANGGER, 0106521020 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MODEL RASCH. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen penilaian tes kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas IV yang valid dan reliabel; membuktikan validitas isi dan mengestimasi reliabilitas interrater; menganalisis karakteristik butir instrumen tes menggunakan model Rasch. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model pengembangan Borg & Gall penelitian ini menggunakan 10 langkah yang dimodifikasi menggunakan 8 langkah untuk pengembangan produk. Responden penelitian dengan 5 responden pada uji ahli, uji skala kecil diikuti 32 responden, dan uji skala besar diikuti 118 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan pemberian soal tes sehingga data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi dengan melakukan uji keabsahan data dengan triangulasi. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan validitas isi dan uji coba lapangan dianalisis dengan menggunakan model rasch untuk melihat item fit, item measure, person fit dan person measure. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Instrumen tes yang dihasilkan berupa tes matematika dengan bentuk essay berjumlah 8 butir. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD. Hasil pembuktian validitas menunjukkan koefisien antara 0,85 – 0,93 dan estimasi reliabilitas sebesar 0,83. Pembuktian validitas konstruk memenuhi unidimensionality berdasarkan pemodelan rasch. Butir soal dan tingkat kemampuan siswa memenuhi kriteria MNSQ, ZSTD dan Pt. Measure Corr. Hasil analisis butir menunjukkan ke delapan butir memiliki karakteristik tingkat kesulitan yang berbeda, yaitu dua butir sulit, lima butir sedang dan satu butir mudah; reliabilitas orang sebesar 0,81 dan reliabilitas butir sebesar 0,98. Berdasarkan bukti validitas, estimasi reliabilitas, dan karakteristik butir menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan kompak dan dapat digunakan guru untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Berpikir kreatif, Rasch.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:22
Last Modified: 07 Sep 2023 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59895

Actions (login required)

View Item View Item