EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN SOLUTION-FOCUSED BRIEF COUNSELING DAN NARRATIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DENGAN PENYINTAS BULLYING


MUHAMMAD ADITYA OKTAVA, 0106520043 (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN SOLUTION-FOCUSED BRIEF COUNSELING DAN NARRATIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DENGAN PENYINTAS BULLYING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi atau ketahanan akademik merupakan salah satu sub faktor penting yang harus dimiliki individu dalam proses peningkatan prestasi belajarnya, selama ini pada siswa dengan penyintas bullying, kondisi resiliensi akademik mereka selalu menurun karena perilaku bullying yang diterimanya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparasion Group. Pemilihan subjek menggunakan random assignment. Kelompok eksperimen A menggunakan konseling kelompok SFBC dengan 3 sesi. Kelompok B menggunakan konseling kelompok Narrative Therapy dengan 3 sesi. Analisis data menggunakan Uji Hipotesis dan Uji One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konseling kelompok SFBC memiliki efek peningkatan resiliensi akademik antara pretest (M= 37,50, SD= 4,598) dibandingkan dengan postest (M= 50,50, SD= 4,071). Sedangkan hasil nilai between group (676,000) dan within group (264,000) dengan nilai F sebesar 35,848 dan sig. 0,000 > 0,05. Konseling kelompok NT memiliki efek peningkatan resiliensi akademik antara pretest (M= 37,25, SD= 5,203) dibandingkan dengan postest (M= 46,75, SD= 4,334). Sedangkan hasil nilai between group (361,000) dan within group (321,000) dengan nilai F sebesar 15,745 dan sig. 0,001 > 0,05. Hasil analisis data pada kelompok A (SFBC) memiliki nilai (M=50.50, SD=4.071) dan pada kelompok B (NT) memiliki (M=36.75, SD=4.334), artinya antara kelompok SFBC dan kelompok NT tidak berbeda jauh mean dan standar deviasinya, hal ini juga di dukung dengan nilai between group (56,250) dan within group (247,500) dengan nilai sig. 0,096 > 0,05. Sehingga hipotesis di tolak atau tidak ada perbedaan antara konseling kelompok SFBC dengan konseling kelompok Narrative Therapy dalam meningkatkan resiliensi akademik pada siswa dengan penyintas bullying di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batealit Jepara

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Solution Focused Brief Counseling, Narrative Therapy, Resiliensi Akademik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:12
Last Modified: 06 Sep 2023 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59888

Actions (login required)

View Item View Item