PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG (Implikasinya bagi Bimbingan Karir)


Firda Savira, 0106520028 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG (Implikasinya bagi Bimbingan Karir). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan karir adalah proses yang memberdayakan individu untuk mengidentifikasi tujuan dan mengambil tindakan untuk mencapai karirnya. Perencanaan karir melibatkan identifikasi tujuan karir dan membuat rencana untuk mencapai tujuan. Hal ini mengacu pada beberapa faktor yang mempengaruhi siswa dalam memilih karirnya, antara lain minat, prestasi akademik, jenis kelamin, teman sebaya, alasan keuangan, keluarga, dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap perencanaan karir siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Populasi sebesar 5.967 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling sejumlah 374 siswa kelas XI SMA Negeri Se-Kota Semarang. Instrumen dalam penelitian ini meliputi skala lingkungan keluarga, skala teman sebaya dan skala perencanaan karir. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpa. Hasil uji validitas dari 40 butir skala perencanaan karir menunjukkan bahwa yang memiliki kriteria valid sebanyak 34 butir dan tidak valid sebanyak 6 butir, 36 butir skala lingkungan keluarga menunjukkan bahwa yang memiliki kriteria valid sebanyak 30 butir dan tidak valid sebanyak 6 butir. 30 butir skala teman sebaya dengan bantuan SPSS versi 23, menunjukkan bahwa yang memiliki kriteria valid sebanyak 23 butir dan tidak valid sebanyak 7 butir. Kemudian hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha perencanaan karir sebesar 0,910 lingkungan keluarga sebesar 0,915 dan teman sebaya sebesar 0,876. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap perencanaan karir (β=0,690 t=8,522 p<0,01), kemudian teman sebaya terhadap perencanaan karir (β=0,217 t=2,623 p<0,01). Secara bersama�sama lingkungan keluarga dan teman sebaya berpengaruh terhadap perencanaan karir siswa (R=0,558 R2= F=83,711 p<0,01). Penelitian ini memperjelas peran lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap perencanaan karir siswa dan mengetahui implikasi bagi bimbingan karir. Saran yang disampaikan untuk konselor karir agar memperhatikan faktor lingkungan keluarga dan teman sebaya untuk merencanakan karir kedepannya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ingkungan keluarga, teman sebaya dan perencanaan karir.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:58
Last Modified: 06 Sep 2023 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59887

Actions (login required)

View Item View Item