PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN SEMIREJO 02 KABUPATEN PATI


Fanda Kumariana, 1401418321 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN SEMIREJO 02 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418321_Fanda Kumariana - Fanda Kumariana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Semirejo 02 Pati melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi, ditemukan permasalahan terkait sumber belajar. Dalam penggunaan bahan ajar guru menggunakan buku pegangan dan terkadang berasal dari internet, belum terdapatnya gedung perpustakaan juga membuat siswa tidak leluasa ketika ingin membaca maupun meminjam buku. Rumusan masalah penelitian ini ialah (1) Bagaimana desain pengembangan, (2) Kelayakan, dan (3) Keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengembangkan, (2) Menguji kelayakan, serta (3) Keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian R&D (Reasearch and Development) dan model pengembangan Borg & Gall. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Semirejo 02 Pati, dilakukan pada bulan Desember 2021 sampai April 2022. Subjek skala kecil siswa kelas IV SDN Kedungbulus 03 Pati sebanyak 16 siswa, dan subjek skala besar siswa kelas IV SDN Semirejo 02 Pati sebanyak 29 siswa. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini, yaitu variabael bebas bahan ajar elektronik flipbook dan variabel terikat hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, angket, observasi dan dokumentasi.A nalisis data yang digunakan ialah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik flipbook memperoleh penilaian sebesar 97% oleh ahli materi, ahli bahasa 100%,dan ahli media 100%. Hasil uji t yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000< 0,005, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pre�test dan post-test. Selainitu, Nilai N-gain (peningkatan rata-rata) diperoleh sebesar 1 dengan kriteria tinggi. Disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik flipbook berbasis pendidikan karakter dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa menggunakan model Borg & Gall. Bahan ajar elektronik flipbook layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban kelas IV. Saran yang diberikan yaitu bahan ajar elektronik flipbookberbasis pendidikan karakter dapat diterapkan dan dikembangkan untuk muatan pembelajaran yang lain dan dikembangkan menggunakan fitur-fitur lain yang tersedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Elektronik, Flipbook, Pendidikan Karakter, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:37
Last Modified: 06 Sep 2023 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59883

Actions (login required)

View Item View Item