HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN PERAN AKTIF SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS DR SUTOMO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL


Kendy Yulan Pramudhita, 1401418319 (2022) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN PERAN AKTIF SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS DR SUTOMO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418319_Kendy Yulan Pramudhita - KENDY YULAN PRAMUDHITA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan disiplin belajar dan peran aktif siswa merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS. Berdasarkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan di rumah siswa kurang optimal dalam menerapkan disiplin belajar sehingga berpengaruh terhadap peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar kurang optimal. Sedangkan penerapan disiplin belajar dengan baik ketika di sekolah maupun di rumah dan peran aktif siswa tinggi maka siswa akan mendapatkan hasil belajar IPS yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS; (2) hubungan peran aktif siswa dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS; (3) hubungan disiplin belajar dan peran aktif siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas IV SDN Gugus Dr Sutomo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Dr Sutomo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal sebanyak 135 siswa dan sampel sebanyak 135 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS, nilai = 0,464 menunjukkan kategori sedang dengan kontribusi sebesar 21,5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran aktif siswa dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS, nilai = 0,488 menunjukkan kategori sedang dengan kontribusi sebesar 23,8%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan peran aktif siswa dengan hasil belajar muatan pelajaran IPS, nilai = 0,507 menunjukkan kategori sedang dengan kontribusi sebesar 25,7%,. Simpulan penelitian ini adalah dengan disiplin belajar yang baik dapat memberikan dorongan bagi siswa untuk berperan aktif selama pembelajaran sehingga memperoleh pengetahuan yang maksimal. Dengan pengetahuan yang diperoleh tersebut dapat membantu siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Saran penelitian ini adalah diperlukan kerja sama dari pihak siswa, sekolah dan orang tua, yaitu pengawasan dan dukungan dari orang tua ketika siswa belajar di rumah dan ketika di sekolah guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa berpartisipasi penuh selama pembelajaran berlangsung sedangkan siswa harus mempunyai kesadaran diri bahwa disiplin belajar dan peran aktif mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, peran aktif siswa, hasil belajar muatan pelajaran IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:42
Last Modified: 06 Sep 2023 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59882

Actions (login required)

View Item View Item