PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL SISWA SMP


Nuning Irhamna, 0106520012 (2022) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Self Control sangat penting bagi individu untuk menahan dan mengendalikan perilaku social yang tidak pantas, sehingga mereka dapat melakukan adaptasi dengan lingkunganya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing yang efektif untuk meningkatkan self control siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Penelitian pengembangan dibagi dalam 10 tahapan. Namun, dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi 6 tahap. Hal ini dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Keenam tahapan tersebut adalah sebagai berikut: yaitu: 1) Studi lapangan dan kajian pustaka; 2) Merancang model; 3) Uji kelayakan model; 4) Perbaikan model hipotetik; 5) Uji lapangan; 6) Produk akhir. Sebagai langkah memperoleh data maka melibatkan 6 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Pengambilan sampel berdasarkan hasil pretest, yaitu siswa yang mendapatkan tingkat self control rendah. Analisis data yang digunakan yakni uji Wilxocon. Instrumen pengumpul data menggunakan Self Control Scale (SCS) dengan hasil koefisien validitas sebesar (0.249-0.780) dan realiabilitas alpha sebesar 0.853. Hasil penelitian adalah mengembangkan model bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tingkat self control siswa mengalami kenaikan sebesar 177 poin sesudah diadakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Peningkatan tersebut terjadi pada semua aspek self control. Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan nilai probabilitas dibawah 0,05 (0,28) artinya bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan self control siswa. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik role playing terbukti efektif meningkatkan self control siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik role playing, self control.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:28
Last Modified: 06 Sep 2023 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59880

Actions (login required)

View Item View Item