Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Reaksi Konsumen Poduk Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera


Munalita Riamawahyu, 7350406554 (2011) Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Reaksi Konsumen Poduk Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Reaksi Konsumen Poduk Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera]
Preview
PDF (Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Reaksi Konsumen Poduk Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Reaksi konsumen dalam keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah produk, harga dan promosi. Oleh karena itu perusahaan harus mampu menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau oleh konsumen.Hasil pra survei diketahui pestisida Biotis didesain menarik, kemasan unik, lengkap pula dengan label informasi yang berisi mengenai bahan aktif, manfaat produk dan cara penggunaan. strategi penetapan harga yang diupayakan untuk mendorong keputusan pembelian, dengan cara menentukan harga yang terjangkau oleh petani. Promosi yang dilakukan pemasar juga cukup gencar dilakukan. Baik melalui personal Selling, mass selling dan promosi penjualan .Iklan (advertising) dilakukan melalui media cetak, dengan berbagai alat peraga seperti poster, spanduk, umbul-umbul, brosur, dan stiker. Akan tetapi penjualan produk Biotis tidak dapat memenuhi target yang diharapkan dan cenderung mengalami penurunan. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang: Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. Permasalahan dari penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. 2) Faktor-faktor manakah yang paling dominan berpengaruh antara produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh harga, produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. 2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh antara harga, produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang menggunakan pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera, dengan jumlah populasi sebanyak 3249 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik area random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari produk, harga dan promosi sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan deskriptif presentase. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi berganda yang diperoleh dari hasil analisis yaitu : Y= 17,284 + 0,396X1 - 0,718X2 + 0,775X3. Hasil analisis diatas menunjukkan bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh adalah variabel promosi dengan koefisien 0,775, kemudian dikuti oleh variabel lain produk 0,396 dan harga dengan koefisien -0,718 Hasil uji F diperoleh Fhitung = 86,801 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh antara produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. Berdasarkan uji parsial untuk variabel produk diperoleh thitung = 2,987 dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga Ha yang berbunyi ada pengaruh antara produk pestisida Biotis terhadap keputusan pembelian konsumen CV Reka Sarana Sejahtera. Berdasarkan uji parsial untuk variabel harga diperoleh thitung = -3,349 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga Ha yang berbunyi ada pengaruh antara harga pestisida Biotis terhadap keputusan pembelian konsumen di CV Reka Sarana Berdasarkan uji parsial untuk variabel promosi diperoleh thitung = 5,280 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga Ha yang berbunyi ada pengaruh antara promosi pestisida Biotis terhadap keputusan pembelian konsumen di CV Reka Sarana Sejahtera. Secara simultan pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera adalah secara simultan adalah 72,6 %, sisanya 27,4% dipengaruhi faktor lain. Secara parsial besarnya pengaruh X1 (produk) terhadap Y (keputusan pembelian) 8,64%.besarnya pengaruh X2 (harga) terhadap Y (keputusan pembelian) sebesar 11,15%, besarnya pengaruh X3 (promosi) terhadap Y (keputusan pembelian) sebesar 23,71%. Kesimpulannya, Variabel produk berpengaruh positif terhadap reaksi konsumen dalam keputusan pembelian produk pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera, apabila variabel produk meningkat maka keputusan pembelian akan meningkat begitu juga sebaliknya. Variabel harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera, apabila variabel harga meningkat maka keputusan pembelian akan menurun begitu juga sebaliknya. Variabel promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera, apabila variabel promosi meningkat maka keputusan pembelian akan meningkat begitu juga sebaliknya.Variabel promosi merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap reaksi konsumen dalam keputusan pembelian produk pestisida Biotis di CV Reka Sarana Sejahtera. Saran, evaluasi kembali kualitas produk nya secara keseluruhan, dengan cara menciptakan deferensiasi yang unik dalam benak sasaran konsumen karena banyaknya produk sejenis yang memungkinkan konsumen tertarik untuk mencobanya. Perusahaan hendaknya berusaha meningkatkan frekuensi promosi mengenai penggunaan produk di media masa agar semakin dekat dengan calon konsumennya terutama untuk produk-produk baru. Perusahaan hendaknya menyesuaikan harga dengan kualitas produk, melalui kemasan yang menarik dan ukuran (berat) yang sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, diharapkan bisa menjadikan konsumen puas dengan produk yang dikonsumsinya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Harga, Produk, Promosi, Reaksi Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Oct 2011 07:42
Last Modified: 25 Apr 2015 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item