EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN EDUGAME INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUWOSOBOKERTO KABUPATEN JEPARA


Anggun Widya Sari, 1401418310 (2022) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN EDUGAME INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUWOSOBOKERTO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418310_ANGGUN WIDYA SARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Guwosobokerto diperoleh data bahwa tidak adanya variasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPA membuat peserta didik kurang termotivasi dan cepat merasa bosan sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Adanya pandemi covid�19 menghadirkan modifikasi evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran daring dimana siswa lebih sering menggunakan smartphone namun cenderung digunakan untuk bermain game bukan untuk memahami materi pelajaran. Hal ini perlu adanya perlakuan yang berbeda dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan pembelajaran berbantuan edugame interaktif berbasis wordwall. Edugame interaktif berbasis wordwall ini menyajikan evaluasi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk game. Tujuan penelitian ini untuk menguji peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dan menguji evaluasi pembelajaran berbantuan edugame interaktif berbasis wordwall lebih efektif dibandingkan evaluasi pembelajaran tanpa menggunakan edugame interaktif berbasis wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian Quasi experimental bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 25 siswa SDN 02 Guwosobokerto sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa SDN 01 Guwosobokerto sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian memperoleh hasil bahwa: (1) uji kesamaan dua rata-rata menggunakan Uji Independent T-Test menunjukkan hasil nilai thitung = 6.006 dan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan dk 44 adalah 1,684. Karena thitung > ttabel yaitu 6.006 > 1,684 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. (2) uji peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen melalui pengujian N�Gain diperoleh hasil sebesar 0,6896 termasuk kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,2879 termasuk kategori rendah. Hal ini menunjukkan pembelajaran berbantuan edugame interaktif berbasis wordwall lebih efektif dibandingkan dengan evaluasi pembelajaran tanpa menggunakan edugame interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan edugame interaktif berbasis wordwall efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Guwosobokerto Kabupaten Jepara pada muatan pelajaran IPA materi Sumber Energi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Edugame interaktif, hasil belajar IPA, Wordwall
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:01
Last Modified: 06 Sep 2023 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59879

Actions (login required)

View Item View Item