PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGTULUP KABUPATEN REMBANG


Tirta Mega Utami, 1401418309 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGTULUP KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418309 - TIRTA MEGA UTAMI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan peneliti di SD Negeri Kedungtulup ditemukan permasalahan penggunaan media yang sangat terbatas dan juga belum optimal dalam penggunaan media berbasis IT, penggunaan media tersebut menggunakan media seadanya misalnya gambar yang ada dibuku peserta didik ataupun LKS yang kurang efektif untuk menyampaikan materi. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sesuai perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran video berbasis motion graphic materi energi dan sumber energi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model penelitian Borg and Gall Subjek penelitian ini yatu siswa kelas IV di SDN Kedungtulup Rembang pada bulan Januari sampai April 2022 dengan subjek skala kecil siswa kelas IV SDN Kedungtulup Rembang sebanyak 6 siswa, sedangkan subjek skala besar siswa kelas IV SDN Kedungtulup Rembang sebanyak 30 siswa. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini variabel bebas yaitu media pembelajaran video berbasis Motion Graphic dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada muatan IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes yaitu (pre-test dan post-test) dan non tes yang terdiri dari (wawancara, observasi dan angket). Analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video berbasis motion graphic layak digunakan dengan persentasi hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 90,62% kriteria sangat layak dengan revisi, dan oleh ahli media mendapat presentase 98,18% kriteria sangat layak dengan revisi. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji normalitas nilai pretest 0,118 > 0,050 dan nilai posttest 0,098 > 0,050, bahwa nilai pretest dan nilai posttest berdistribusi normal.. Dan terdapat peningkatan N-gain sebesar 0,87 dengan kriteria tinggi. Nilai t-test sebesar 0,000 dengan perbedaan yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran video berbasis motion graphic materi energi dan sumber energi alternatif muatan pelajaran IPA layak digunakan dan efektif dalam peningkatan hasil belajar. Saran penelitian adalah media multimedia interaktif berbasis motion graphic dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas IV pada muatan pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : media pembelajaran video berbasis Motion Graphic, Hasil Belajar, Muatan Pelajaran IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:48
Last Modified: 06 Sep 2023 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59877

Actions (login required)

View Item View Item