PENGEMBANGAN TES TERTULIS BERBENTUK URAIAN BERORIENTASI HOTS TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV


Dody Indra Kurniawan, 0106517044 (2022) PENGEMBANGAN TES TERTULIS BERBENTUK URAIAN BERORIENTASI HOTS TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan tes uraian standar berorientasi HOTS Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV (2) Mengetahui validitas reliabilitas Instrumen (3) Menganalisis karakteristik butir meliputi daya beda, tingkat kesukaran dan kepraktisan (4) Mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas 4 sekolah dasar berdasarkan tes uraian standar beroreientasi HOTS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan yang diadopsi dari pengembangan instrumen oleh Djemari Mardapi. Populasi penelitian adalah siswa Kela 4 SD Negeri di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Sampel ditentukan secara random sampling, dengan ukuran 120 siswa. Analisis dilakukan dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian berupa: (1) Instrumen penilaian tes uraian standar berorientasi HOTS Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV (2) Validitas isi semua butir memliki koefisien >0,80 dan reliabilitas Interrater ��� sebesar 0,556, validitas konstruk dari 11 butir yang dikembangkan membentuk 3 komponen C4, C5,C6 (3) Daya beda instrumen pada daerah penerimaan 0,40- 1,00, tingkat kesukaran instrumen sedang, dan praktis dari segi subjektivitas, bahasa, konstruksi, pelaksanaan (4) Profil kemampuan berpikir siswa dalam analisis (C4) 94,7% baik, Evalauasi (C5) menunjukkan 96,7 % baik, Mencipta (C6) 53,3% rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu perhatian lebih dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan mencipta (C6) siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes HOTS, Tes Uraian, Profil Kemampuan Berpikir.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:42
Last Modified: 06 Sep 2023 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59876

Actions (login required)

View Item View Item