Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Produk Bioplastik Berbahan Dasar Kitosan Terhadap Pemahaman Konsep Materi Polimer Dan Pembentukan Karakter Konservasi Peserta Didik


Tina Khairunnisa, 0404520007 and Woro Sumarni, 196507231993032001 and Murbangun Nuswowati, 195811061984032004 (2023) Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Produk Bioplastik Berbahan Dasar Kitosan Terhadap Pemahaman Konsep Materi Polimer Dan Pembentukan Karakter Konservasi Peserta Didik. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover_Tesis Tina Khairunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Tesis Tina Khairunnisa NIM 0404520007.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Jurnal Tina Khairunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of Modul Kimia Polimer Refisi Baru_Tina Khairunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khairunnisa, Tina. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Produk Bioplastik Berbahan Dasar Kitosan Terhadap Pemahaman Konsep Materi Polimer dan Pembentukan Karakter Konservasi Peserta Didik”. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dr. Woro Sumarni, M.Si. Pembimbing II. Prof. Dr. Murbangun Nuswowati, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Bioplastik Kitosan, Polimer dan Karakter Konservasi. Pembelajaran berbasis proyek sangat membantu peserta didik memahami konsep materi polimer secara mendalam dan praktis. Melalui proyek pembuatan bioplastik, peserta didik memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam pembuatan produk nyata, sehingga memperkuat pemahaman konsep materi polimer. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek juga berperan dalam pembentukan karakter konservasi peserta didik. Peserta didik menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap pentingnya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan, karena mereka terlibat langsung dalam proses produksi bioplastik yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan produk bioplastik berbahan dasar kitosan mempengaruhi pemahaman konsep materi polimer dan pembentukan karakter konservasi pada peserta didik Kelas XII di SMA 1 Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen atau dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMAN 1 Gebog Kudus. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan produk bioplastik berbahan dasar kitosan, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran dengan discovery learning. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep materi kimia polimer sebelum dan setelah intervensi pembelajaran, serta observasi untuk menilai pembentukan karakter konservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung > t-tabel (4,180 > 1,688) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan kata lain penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan produk bioplastik berbahan dasar kitosan dengan pembelajaran konvensional (discovery learning) akan menghasilkan pemahaman konsep materi polimer yang berbeda pada peserta didik Kelas XII di SMA 1 Gebog Kudus. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek juga berkontribusi positif dalam pembentukan karakter konservasi peserta didik, di mana peserta didik menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap pentingnya pelestarian lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pihak sekolah dan pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan pembelajaran berbasis proyek dengan produk bioplastik berbahan dasar kitosan sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan pemahaman konsep materi kimia polimer dan membentuk karakter konservasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Bioplastik Kitosan, Polimer dan Karakter Konservasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 06 Sep 2023 15:56
Last Modified: 06 Sep 2023 15:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59842

Actions (login required)

View Item View Item