PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DAN CREATIVITY PESERTA DIDIK KELAS III SD


Restu Ardian, 0103520013 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DAN CREATIVITY PESERTA DIDIK KELAS III SD. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebelum melakukan pembelajaran guru dapat melakukan sebuah perencanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru agar tujuan pembelajaran tercapai yaitu menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran scramble terhadap kemampuan Critical Thinking dan Creativity peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Metode eksperimen dalam penelitian ini menggunakan jenis desain penelitian dengan metode pretest-posttest control Group. Variabel nya terdiri dari Critical Thinking dan Creativity. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Populasi berjumlah 27 siswa dan sampel sebanyak 25 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan tiga teknik yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest belajar bahasa Indonesia pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terhadap kemampuan critical thinking dan creativity peserta didik kelas III SD Negeri Margokoyo dan SD Negeri Sidorejo. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata�rata nilai pretest critical thinking kelompok kontrol yaitu 53,22 naik menjadi 66.89 mengalami kenaikan sebesar 13,67, rata-rata nilai pretest creativity kelompok kontrol yaitu 52,96 naik menjadi 67.22 dan pada kelompok eksperimen kenaikan rata-rata nilai pretest critical thinking yaitu 54,81 naik menjadi 73.93, rata-rata nilai pretest creativity yaitu 51,11 naik menjadi 75,74. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan critical thinking and creativity terhadap hasil tes bahasa Indonesia pada kelompok kontrol (SD Negeri Margokoyo) yang tidak menggunakan media scramble dengan kelompok eksperimen (SD Negeri Sidorejo) yang menggunakan media scramble. Ini dapat dilihat dari hasil perhitungan independent t test pada critical thinking sebesar (t hitung) 5,175 > (t tabel) 1,674 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan (t hitung) creativity 5,175 > (t tabel) 1,674 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Scramble dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa indonesia peserta didik. Disarankan pada pihak sekolah, guru hendaknya membuat perencanaan pembelajaran yang matang untuk mengembangkan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik secara positif maupun optimal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Scramble, Critical Thinking Dan Creativity
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:10
Last Modified: 05 Sep 2023 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item View Item