IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR DI JEPARA


Muhammad Imam Subekhi, 0103518132 (2022) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR DI JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan etnopedagogi dalam praksis pendidikan menekankan pada pentingnya hubungan kemanusiaan, terutama hubungan emosional di antara pendidik dan peserta didik. Dari berbagai jenis model pembelajaran yang ada di dalam dunia pendidikan, model Discovery Learning adalah model yang dipilih peneliti. Discovery Learning merupakan suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Sebagai upaya untuk menjembatani pemahaman siswa pada pembelajaran tematik dengan budaya lokal di sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan perangkat dan efektivitas pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Etnopedagogi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan etnopedagogi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar di Jepara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan quasy experimental design, yang melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes Kemampuan Pemahaman Konsep (TKPK) dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan etnopedagogi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar di Jepara. Rata-rata peningkatan N-Gain pemahaman konsep siswa pada pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 0,54 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,36. Penerapan Discovery Learning dengan pendekatan Etnopedagogi dapat disimpulkan siswa yang mengikuti model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan etnopedagogi juga lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa sekolah dasar di Jepara dapat mengimplementasikan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan etnopedagogi sebagai salah satu pilihan dalam pengembangan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi lingkungan belajar di sekolah. Namun, perlu dilakukan evaluasi terhadap keberhasilan implementasi model pembelajaran ini di sekolah-sekolah lain sebelum diadopsi secara luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Etnopedagogi, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:32
Last Modified: 05 Sep 2023 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59838

Actions (login required)

View Item View Item