HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Marlinda Dwi Indrianingrum, 1401418296 (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418296_MARLINDA DWI INDRIANINGRUM - Marlinda Dwi Indrianingrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan. Dukungan sosial orang tua dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang, yaitu hasil belajar IPS siswa yang masih rendah. Selain itu, tingkat adanya dukungan sosial orang tua dan kebiasaan belajar siswa berbeda-beda. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menguji hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan hasil belajar IPS, (2) untuk menguji hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, (3) untuk menguji hubungan dukungan sosial orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 124 siswa dan menggunkaan seluruh populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Mei 2022. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu dukungan sosial orang tua dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas, hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, Linearitas, dan Multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi berganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,767, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 58,8%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,704, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 49,6%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,796, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 63,4%, Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Saran bagi sekolah, guru, siswa, dan orang tua hendakny

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial orang tua, kebiasaan belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:03
Last Modified: 05 Sep 2023 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59837

Actions (login required)

View Item View Item