PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, KOMPETENSI GURU, SARANA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V KABUPATEN REMBANG


RIFA NUGRAHA, 0103518109 (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, KOMPETENSI GURU, SARANA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V KABUPATEN REMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dianggap sangat penting menurut Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Dengan demikian, penting sekali untuk merencanakan sistem pendidikan yang menarik, menyenangkan, dan menantang agar siswa dapat merangsang minat dan semangat siswa ketika belajar. Sebagaimana dijelaskan betapa pentingnya pendidikan, maka tentunya sebuah keberhasilan dalam belajar anak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, ketika pembelajaran daring selama pandemi berlangsung, ternyata hasil belajar ditentukan oleh beberapa faktor seperti perhatian dari orang tua, guru, sarana bahkan lingkungan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada pembelajaran daring; (2) Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada pembelajaran daring; (3) Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara sarana belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada pembelajaran daring; (4) Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada pembelajaran daring; (5) Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara perhatian orang tua, kompetensi guru, sarana belajar dan lingkungan belajar, terhadap hasil, belajar bahasa Indonesia siswa pada pembelajaran daring; (6) Manakah faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa diantara variabel perhatian orang tua , kompetensi guru, sarana belajar dan lingkungan belajar pada pembelajaran daring. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 344 siswa kelas V SD di kabupaten rembang. Sampel penelitian sebanyak 185 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis data dilakukan uji prasyarat analisis data yang telah memenuhi syarat baik dalam uji normalitas, linieritas, maupun multikolinieritas. Teknik analis data dengan statistic deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, dan uji F

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: The Effect, Parent Attention, Teacher's Competency, learning tools, learning environment, Learning Outcomes, Indonesian Language, Online Education
Subjects: L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:54
Last Modified: 05 Sep 2023 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59836

Actions (login required)

View Item View Item