KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN DI SD NEGERI PALON KABUPATEN BLORA


ADHITIYA DWI ARIANTI, 1401418279 (2022) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN DI SD NEGERI PALON KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418279_Adhitiya Dwi Arianti - Adhitiya Dwi Arianti (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelas V di SD Negeri Palon Kabupaten Blora diperoleh data bahwa hasil belajar siswa rendah pada muatan pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis TIK, serta penggunaan sumber belajar hanya berupa buku. Dari masalah tersebut, peneliti akan membandingkan antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon dengan pembelajaran direct instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis powtoon pada siswa kelas V di SD Negeri Palon Kabupaten Blora. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa pada kelas V A dan 23 siswa pada kelas V B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan test. Dari hasil penelitian di peroleh rata-rata skor pada tahap posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 72,24 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 60,83. Diperoleh nilai indeks N-Gain pada kelas eskperimen 0,39 sehinga termasuk kategori sedang. Indeks N-Gain pada kelas kontrol 0,28 termasuk kategori rendah. Hasil t hitung 3,534 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Nilai signifikansi menunjukkan 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis powtoon pada muatan pelajaran IPA SD efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Palon Kabupaten Blora pada muatan pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis powtoon, hasil belajar IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:42
Last Modified: 05 Sep 2023 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59835

Actions (login required)

View Item View Item